bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

5 Rekomendasi Aplikasi Editor HTML Android Ringan Untuk Edit Template Blogger



Lama tak jumpa di blog ini kawan. Terakhir kali admin membuat postingan di blog ini pada akhir tahun 2018. Dan pada kesempatan kali ini admin akan memaparkan beberapa aplikasi editor html untuk android yang ukurannya kecil yakni di bawah 8 MB. Sekarang kita lanjut ke pembahasan utama postingan ini. Yuk silahkan disimak ๐Ÿ˜Š.

Jaman sekarang ini semuanya serba mobile atau dengan kata lain menggunakan telepon pintar yang dalam bahasa kerennya smartphone. Smartphone yang ada sekarang kebanyakan menggunakan sistem operasi android. Untuk menambah nilai fungsional dari smartphone ini maka banyak developer yang membuat aplikasi khusus untuk platform android. Beberapa diantaranya ada aplikasi yang diperuntukkan untuk mempermudah para blogger dalam mengelola sebuah blog.

Aplikasi-aplikasi yang mempermudah kegiatan ngeblog ini bervariasi, ada yang digunakan untuk manipulasi gambar, memantau arus pengunjung blog, melihat penghasilan dari iklan dan untuk keperluan manajemen tampilan blog. Khusus yang kita bahas untuk hari ini ialah aplikasi yang digunakan untuk mengedit template blog. Mengedit template blog di hape langsung di situs aslinya akan menyebabkan lag kan? Mungkin ada yang tidak lag tapi kebanyakan begitu, ketika ingin mengedit template di dashboard edit html blogger akan mengalami lag dan itu tentunya mengesalkan :v.

Untuk itulah kita harus memanfaatkan aplikasi-aplikasi yang telah disediakan oleh para developer aplikasi android. Aplikasi-aplikasi di bawah ini adalah rekomendasi dari admin. Admin sudah mencoba semuanya dan tidak ada masalah yang terjadi pada hape admin walaupun hape admin ini masuk kategori low-end (hape kentang) ๐Ÿ˜‚. Semua aplikasi di bawah ini sudah dites langsung pada hape Samsung Galaxy J1 Ace.

1. anWriter HTML Editor


Rekomendasi yang pertama adalah anWriter HTML Editor. Ini yang admin pakai sekarang. Ada banyak kelebihan dari aplikasi ini diantaranya, hanya butuh waktu sekejap dalam memuat file xml yang terdiri dari banyak kode. Kemudian ada fitur search dan replace yang menurut admin sangat bermanfaat apalagi untuk meredesign template. Juga aplikasi ini mendukung fitur autocomplete dan autosave jadi tidak perlu capek-capek melengkapi kode dan menyimpan file secara manual. Ukuran filenya terbilang ringan karena hanya berukuran 2 MB.

anWriter HTML Editor 1.8.1 Aplikasi Android

2. Webmaster's HTML Editor


Merupakan aplikasi code editor paling ringan yang kaya akan fitur bermanfaat. Kelebihan dari aplikasi ini ialah memiliki manajemen file yang tersendiri diluar file manajer bawaan android jadi file HTML, CSS, JAVASCRIPT, PHP, dan TXT akan ditampilkan dengan warna masing-masing yang berbeda. Didukung dengan fitur live preview, kalian bisa melihat perubahan yang telah dilakukan tanpa harus mengunggah kembali file ke situs/blog kalian. Bagi kalian yang masih memiliki hape android Gingerbread aplikasi ini bisa dijalan kan pada versi android tersebut dengan RAM 256 MB. Ukuran dari aplikasi ini adalah 1 MB untuk di Google Play ukurannya cuma 818 KB. Ringan bukan?

Webmaster's HTML Editor 1.7.2 Aplikasi Android

3. DroidEdit


Aplikasi ini hampir mirip dengan Notepad ++ atau gredit, cuma aplikasi ini dikhususkan untuk bisa digunakan pada platform android. Yang paling mencolok dari aplikasi ini adalah fitur highlighting untuk HTML, CSS, JS, PHP, C++, Ruby, SQL, Python, Java dan masih banyak lagi. Selain itu ada fitur undo dan redo tanpa batas, search dan replace pun ada juga seperti pada aplikasi anWriter. Jika kalian sudah bosan dengan tampilan yang itu-itu saja jangan khawatir, developer aplikasi ini sudah menyediakan beragam tema yang akan dipilih sesuka hati. Dengan hanya menghabiskan kuota 2 MB saja kalian bisa memakai aplikasi editor keren ini. Yup silahkan diunduh ๐Ÿ“ฅ.


4. Code Text Editor


Developer dari aplikasi ini ialah MasTekno. Mungkin ada dari kalian yang sering memgunjungi blog MasTekno. Bagi kalian yang suka simpel atau tidak mau ribet aplikasi ini adalah rekomendasi buat kalian. Aplikasi ini juga tidak akan membuat kinerja hape kalian semakin lambat karena hanya membutuhkan sedikit ruang pada RAM untuk menjalankam aplikasi ini. Kaliam juga bisa mengaktifkan/menonaktifkan fitur syntax highlight pada menu preferensi. Untuk melihat fitur lainnya kalian bisa lihat di APKPURE atau GOOGLE PLAY nanti. Untuk ukuran filenya hanya sekitar 2.1 MB.

Code Text Editor 1.0.3 Aplikasi Android

5. Our Code Editor


Terakhir ada aplikasi Our Code Editor. Untuk masalah tampilan, aplikasi ini adalah yang terbaik dari semua aplikasi yang telah disebutkan tadi sebelumnya. Walaupun ukurannya yang paling besar juga yakni 7 MB, itu tidak akan mempengaruhi responsivitas aplikasi ini dalam mengedit kode apa pun itu. Aplikasi ini memiliki sistem navigasi yang sangat bagus. Bagi kalian yang suka mengedit file CSS, aplikasi ini sangatlah bagus untuk digunakan karena memiliki fitur Color Palette yang bisa kalian lihat screeshootnya di bawah ini.



Nah, itu sudah 5 aplikasi rekomendasi buat kalian sahabat blogger yang suka mengedit template lewat hape. Admin hanya menyediakan link download aplikasinya di APKPURE dan GOOGLE PLAY dengan alasan keamanan :v. Oke terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa lagi.
Related Posts
Initials JST
Hanya orang biasa yang ingin eksis di dumay. Sering online di Quora dan Pinterest. Jangan pernah menghubunginya lewat WhatsApp jika hari libur.

Related Posts

Posting Komentar