bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Tips Awal Membuat Channel Di Youtube Dan Menjadi Youtuber

Bertemu lagi dengan admin yang gantengnya sudah kelewatan ini hehehe. Admin akan berikan tips bagi kalian yang ingin menjadi Youtuber. Menjadi Youtuber sendiri tidaklah membutuhkan pengetahuan bahasa markah dan pemrograman beda dengan blogger yang membutuhkan kriteria bisa mengerti, membaca, dan memahami bahasa markah serta pemrograman. Jadi bagi kalian yang tidak mau pusing atau tidak mau berhadapan dengan kode rumit, menjadi Youtuber adalah alternatif untuk memiliki kesibukan di dunia maya dan tentunya menghasilkan uang dari AdSense.

Untuk saat ini, genre channel yang paling populer adalah youtube gaming utamanya game moba analog. Tapi admin sarankan untuk membuat channel yang sesuai dengan kemampuan kalian dan jangan memaksa membuat konten di luar kemampuan kalian, karena hasilnya bisa saja hancur. Misalnya kalian jago editing di photoshop, maka kalian hanya bisa membuat konten video tentang cara edit berbagai tipe editing yang ada di photoshop seperti efek smudge. Dan jangan buat konten gaming atau fakta unik karena mungkin saja kalian tidak bisa main game dengan benar dan speaking kalian minim untuk membuat video fakta unik sepeti On The Spot.

Aturan main dalam dunia peryutuban hampir mirip dengan dunia blogging. Yang paling diperhatikan ialah mengenai keaslian konten, apakah melanggar hak cipta atau tidak? Pengawasan konten di youtube lebih ketat dibandingkan yang ada di dunia blog. Jadi buatlah konten yang tidak ada duanya di dunia ini agar channel kalian terlihat profesional nantinya. Mungkin jika kalian adalah seorang blogger dan ingin terjun ke dunia peryutuban, maka itu bukanlah hal yang sulit bagi kalian apalagi kalian bisa membuat konten original di blog. Dan yang agak sulit jika kalian belum pernah sama sekali menjadi blogger sebelumnya lalu langsung ingin menjadi youtuber

Sebelum bepergian pastinya kita membutuhkan yang namanya persiapan, begitu juga ketika kita ingin memulai sesuatu misalnya ingin menjadi youtuber. Adapun beberapa hal yang harus dipersiapkan jika ingin menjadi youtuber adalah sebagai berikut.

1. Niat dan usaha dari diri sendiri

Jika kalian memang dari awal bercita-cita ingin sekali menjadi youtuber maka pastilah kalian akan lebih mudah dan cepat sukses menjadi youtuber. Jangan menjadi materialistis dengan mengutamakan uang untuk menjadi youtuber, seharusnya yang kalian utamakan terlebih dahulu itu adalah konten yang berkualitas dan original lalu lanjut untuk mendaftar ke AdSense jika syaratnya sudah terpenuhi. Jika kalian hanya ingin ikut-ikutan dan agar kelihatan keren percuma. Karena dari situlah konsistensi kalian tidak ada dan hanya nol besar, omong kosong.

2. Skill editing dan creator

Mengedit atau membuat video itu tidaklah mudah. Kalian harus punya dan menguasai tekniknya. Anak multimedia pasti menganggap hal adalah hal yang mudah dan bisa dikerjakan dengan santai lalu bagaimana dengan yang lain. Yap, pasti akan kesulitan karena tidak memiliki teknik dasarnya. Di bidang skill editing, kita harus pandai timing bagaimana kita memasukkan sound effect yang sesuai dan dengan timing yang tepat. Begitu juga ketika memasukkan gambar animasi harus yang tepat pula.

3. Modal materi dan wawasan yang luas

Menjadi youtuber kita membutuhkan yang namanya modal materi yaitu uang. Uangnya untuk apa? Untuk beli peralatan lah. Seperti mikrofon, kamera super HD, headphone, kursi, tripod, laptop/ komputer spesifikasi dewa dan tentunya untuk beli kuota soalnya youtube kan upload video yang notabenenya boros kuota. Admin sarankan untuk pakai laptop karena punya spesifikasi lebih bagus dibanding HP.

Hmm kayaknya kalau masalah wawasan ini semua orang punya. Cuma berbeda beda porsinya ada yang luas, sedang, dan sempit. Bagi yang sudah jadi blogger penulis lepas ini bukanlah masalah karena memang karakter dari seorang blogger adalah memiliki wawasan luas. Lalu untuk yang belum pernah jadi blogger gimana? Banyak membaca dan belajar untuk merangkai kata demi kata dengan diksi yang tepat.

4. Aplikasi editing

Setiap ada video yang ingin kalian unggah ke channel terlebih dahulu harus melalui proses editing. Nah yang membantu anda dalam melakukan proses editing ini adalah aplikasi. Di luar sana banyak aplikasi editing videi yang telah disediakan untuk keperluan umum. Untuk nama aplikasinya ada Adobe Premiere, VideoLan Movie Creator, Windows Live Movie Maker, Lightworks dan masih banyak lagi. Kalian silahkan pilih saja dari beberapa aplikasi yang ada sesuai dengan kebutuhan. Untuk pengguna HP kalian bisa pakai KineMaster Pro untuk android.

5. Akun Google dan Channel Youtube

Menjadi sebuah keharusan untuk mempunyai akun Google jika ingin membuat login ke Youtube.Com dan membuat channel. Youtube sendiri merupakan salah satu produk Google yang sangat populer selain Blogger, Gmail, dan AdSense. Admin yakin kalian semuanya pasti sudah memiliki akun Google baik itu kalian gunakan untuk e-mail (Gmail), kelas online (Classroom), ngeblog (Blogger) dan lain-lain. Cara membuat channel itu sangatlah mudah, yaitu dengan cara klik pojok kanan atas yang merupakan foto profil akun Google kalian. Lalu klik ikon gerigi dan create a new channel.

6. Peralatan Youtuber

Ada hubungannya dengan poin nomor 3 sebelumnya dimana uangnya akan dipakai untuk membeli peralatan yang ada hubungannya dengan Youtube. Masing-masing peralatan tersebut memberi kemudahan saat melakukan record atau merekam. Kamera dan tripod digabungkan untuk merekam video tanpa adanya getaran seperti yang terjadi jika merekam dengan menggunakan tangan kita sendiri. Mikrofon gunanya untuk merekam suara dengan baik dan bisa menghilangkan noise pada suara kita. Kamera HD gunanya untuk merekam video dengan kualitas yang memuaskan agar videonya tidak burik. Dan masih banyak peralatan lain yang memiliki fungsinya masing-masing.

Selain di atas yang kalian persiapkan adalah rasa semangat dan pantang menyerah. Jangan lupa untuk mempromosikan channel di media sosial kalian supaya banyak yang bisa menonton hasil karya yang kalian buat dengan susah payah.

Admin sarankan untuk membuat genre channel yang unik. Kalau kalian mau membuat channel tentang gaming, sulit untuk bersaing karena sekarang Youtuber gaming itu ada ribuan dan persaingannya sangatlah ketat. Lebih baik jika kalian mengikuti jejak Dave si bule dari Australia yang bisa bahasa Jawa dan bertempat tinggal di Surabaya. Nama channelnya adalah Londokampung, beliau membuat channel yang sangat unik. Isinya adalah mengenai bahasa Jawa dan banyak kegiatan lain yang ada hubungannya dengan Jawa. Untuk channelnya kalian bisa lihat gambar di bawah ini.
Admin sebenarnya punya channel Youtube juga. Subscribernya ada 4 dan admin tidak pernah mempromosikan channel admin yang satu ini. Lagian ngapain dipromosikan? Channel itu hanya digunakan untuk kepentingan blog ini. Dan video dari channel tersebut akan dipasang sebagai bahan ilustrasi pada sebuah artikel.

Oke, itulah tadi sebuah tips awal untuk menjadi Youtuber. Apabila ingin memperdalam lagi, kalian bisa cari buku panduan Youtube di pencarian Google. Akhir kata admin ucapkan terima kasih dan sampai jumpa. Bye bye 🙋🙌
Related Posts
John Asto
Hanya orang biasa yang ingin eksis di dumay. Sering online di Quora dan Pinterest. Jangan pernah menghubunginya lewat WhatsApp jika hari libur.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

2 komentar

  1. Wah susah susah kayanya kalau saya jadi youtuber. Gak punya skill editing dan saya orangnya pemalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk skill editingnya cuma menambahkan backsound yang bagus, utamanya untuk video genre gaming. Yang susah itu peralatannya yang mahal. Belum lagi kompres video supaya tidak boros kuota nantinya saat upload dan streaming.

      Hapus

Posting Komentar

Dilarang spam dan menyisipkan link aktif pada komentar. Use your brain!