bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Dunia Musik Indonesia VS Dunia Musik Barat Mana Yang Lebih Bagus?


Kembali lagi dengan minmin :v. Sepertinya mungkin ada yang langsung heran dan syok melihat judul artikel ini hehehe. Kalau tidak salah admin pernah menulis artikel seperti ini dulu tapi entah dimana apakah di forum atau blog admin yang lama? Isi artikel ini membahas beberapa hal menyangkut musik lokal dengan musik barat dan yang paling penting ialah perbandingan kualitas antara keduanya. Hmm mau tahu? Simak penjelasannya di bawah ini.

Admin tanya nih, apa yang terlintas di benak kalian mengenai lagu-lagu yang dibawakan oleh penyanyi, musisi, dan band di negeri yang kita cintai ini? Ayo ada yang bisa jawab. Ya, pasti kebanyakan dari kalian berpendapat bahwa lagu-lagu dari Indonesia ini mayoritas bertemakan cinta, bisa dibilang persentase lagu bertemakan cinta ini mencapai 95%.

Mengapa bisa begitu? Penciptaan sebuah lagu ini mengikuti selera pasar di Indonesia. Lalu apa yang terjadi? Rasa lagu yang dihasilkan tidak bervarian hanya itu-itu saja. Hanya lagu-lagu yang punya rasa mellow alias lembut padahal yang nyanyi laki-laki ๐Ÿ˜‚. Tahu kan lagu mellow? Iya, itu tuh lagu yang bertemakan galau! Galau ada kaitannya dengan cinta, kadang pertengkaran antara kedua pasangan, ada pelakor, dan tentunya putus cinta.

Pernah dengar lagu dari Setia Band yang berjudul My Love? Lagu ini adalah salah satu lagu mellow paling top karena dibaluti dengan alunan nada dari sebuah biola yang memberi kesan galau dan sedih. Suara vokalisnya juga kayak ayam mau mati saja, gak kuat bicara, gak ada tenaga.

Dulu pada tahun 90-an jarang ada lagu yang seperti itu. Kebanyakan pada tahun 90-an yang ada hanyalah lagu-lagu yang memiliki tema perjuangan dan semangat hidup, bela negara, kritis terhadap pemerintah, keindahan alam dan keagamaan atau religi. Sekarang mah sudah terbalik dan admin akui bahwa penyanyi tahun 90-an lebih baik dari penyanyi masa kini.

Sekarang ini yang banyak itu adalah lagu-lagu pop bertemakan cinta alias love-love. Jujur nih, admin sudah lama bosan mendengarkan lagu Indonesia yang rasanya kayak gitu, rasa tai ayam ๐Ÿ˜‚. Sehingga lagu-lagu yang ada di hp admin ini 96% lagu barat, 3% lagu soundtrack film/animasi dan selebihnya hanya lagu Indo dari band Superman Is Dead dan Slank.

Cinta dan cinta terus sampai kiamat. Apakah penyanyi Indonesia tidak bisa lagi menciptakan lagu-lagu yang punya rasa seperti persahabatan, semangat hidup, dan lain-lain? Bisa dikatakan penyanyi Indonesia hanya monoton. Alasannya mengapa? Karena lagu tema cinta hanya bisa dinikmati oleh orang yang pernah pacaran. Lalu bagaimana dengan yang jomblo? ๐Ÿ˜‚. Kedua, karena hanya satu genre saja yakni pop.

Lalu apakah lagu-lagu Indonesia laku di luar negeri jika dijual ke sana? Kayaknya mustahil laku sampai 1 juta kaset CD. Orang-orang luar khususnya orang barat lebih suka lagu yang bervariatif. Jangan cuma lagu cinta saja ๐Ÿ˜‚. Dan terlebih lagi, kayaknya mustahil masuk dalam daftar 500 lagu terlaris di dunia.

Tapi anehnya, lagu-lagu barat yang masuk Indonesia pasti laku dan biasanya mengalahkan jumlah penjualan lagu lokal. Contoh nyatanya jumlah unduh pada situs download lagu. Sudah dipastikan bahwa yang menempati urutan pertama sebagai download terbanyak pasti lagu barat. Terlebih lagi, yang paling banyak dipakai sebagai backsound dalam video youtube ialah lagu barat bukan lagu indo.

Ada satu aliran musik asli Indonesia yakni dangdut. Yap, dangdut jaman now sepertinya sudah agak melenceng dari jiwa dangdut yang asli sejak pertama kali muncul. Dan inilah aliran musik paling admin tidak suka karena kebanyakan suaranya ndeso dan alay-alay kayak kucing mengeong. ๐Ÿฑ

Yang penting parah dah. Paling mirisnya penyanyi dangdut ini sering pamer body dengan goyangannya yang aduhai kayak orang tidak tahu malu. Laki yang sudah bersuami saja diajak goyang sama-sama, dan ini bisa merusak hubungan rumah tangga seseorang. Dangdut 90-an sangatlah berbeda dengan dangdut jaman now. Pedangdut jaman now hobinya pamer aurat.

Kelebihan dari lagu Indonesia ini ialah mudah dipahami dan dimengerti maksudnya karena penulis lagunya tidak ingin ribet menggunakan kata-kata kiasan seperti yang dipakai lagu barat. Lagu barat menggunakan kata-kata kiasan yang sulit dipahami dan pemilihan kata yang teliti. Ini tandanya orang Indonesia suka yang simpel-simpel saja. Karena bahagia itu sederhana.

Selanjutnya kita beralih ke lagu barat. Lagu barat terkenal mendunia dan sering menjadi lagu top di suatu negara. Lagu barat diidentikkan sebagai lagu yang berbahasa Inggris tapi kebanyakan orang juga lagu barat adalah lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi Amerika Serikat dan Inggris karena kedua negara ini sangat terkenal dengan penyanyi-penyanyinya yang berbakat.

Dan lagi-lagi admin tahu lebih banyak penyanyi barat dibandingkan dengan penyanyi lokal. Penyanyi solo dan band yang admin tahu dari Indonesia hanya Geisha, Akad, Wali, Superman Is Dead, Noah, Raisa, Judika, Cita Citata, Isyana Sarasvati, Anji, Virgoun, Slank, Gigi, Dewa19, dan Armada. Sedangkan untuk dari lagu barat, admin ketahui ada Avril Lavigne, Avenged Sevenfold, Pink, Izzy, Taylor Swift, Katy Perry, Linkin Park, Bebe Rexha, Calvin Harris, Sia, Zara Larsson, Mike Perry, Charlie Puth, Kiiara, The Chainsmookers, Shakira, Zedd, Anne Marie, Ariana Grande, Clean Bandit, Jonas Blue, Nicki Minaj, David Guetta, Justin Bieber, One Direction, Selena Gomez, Kelly Clarksson, Bruno Mars, Bon Jovi, Pharrel Williams, Meghan Trainor, Julia Michaels, Miley Cyrus, Lady Gaga, Christina Aguilera, Mariah Carey, Keisha dan masih banyak lagi yang belum admin sebutkan karena capek terlalu banyak hehehe. Mana yang lebih banyak?

Mendengarkan lagu barat ada banyak manfaat yaitu kita belajar bahasa Inggris dalam metode mendengar. Jadi jangan heran ketika ada temen kalian pengoleksi lagu barat dan gamer pintar berbahasa Inggris. Karena kita bisa menguasai suatu hal dari kebiasaan. Kalau terbiasa mengetik pasti dengan sendirinya akan mulai terasa cepat dalam mengetik.

Jenis dan genre lagu barat sangat bervariasi karena tujuan menyanyi hanyalah untuk kesenangan bukan untuk uang jadi mereka tidak mengikuti selera pasar seperti yang dilakukan penyanyi Indonesia. Kemampuan penyanyi lagu barat juga di atas rata-rata dan menyanyinya tidak asal-asalan. Admin sendiri pernah dengar lagu Indonesia entah siapa penyanyinya dan suaranya hancur, fals, dan datar ๐Ÿ˜‚.

Dan yang admin perhatikan dari kebanyakan perjalanan hidup penyanyi lagu barat kebanyakan memang pintar menyanyi sejak masih kecil. Ia kadang menyanyi dan memimpin lagu di Gerejanya, ikut lomba nyanyi antar sekolah dan ada juga merupakan pengamen di jalanan. Dan alangkah menariknya jika admin menceritakan masa kecil seorang penyanyi asal Kanada yakni Avril Lavigne yang merupakan idola admin :v.

Dikutip dari WowKeren, Avril memang menyukai musik sejak usia 2 tahun dan kerap menyanyi di Gereja. Dia juga melatih vokal di karaoke bersama dengan keluarganya. Kayaknya sekeluarga pintar nyanyi semua :v. Debut dengan album pertamanya "Let Go", pada tahun 2002 berhasil membuat nama Avril melejit dengan menempati posisi kedua di Billboard 200. Avril dinobatkan sebagai penyanyi solo termuda yang menjadi jawara tangga lagu di Inggris.

Ada satu perbedaan mendasar antara penyanyi lagu Indonesia dan penyanyi lagu Barat yaitu siapa yang menulis lirik lagunya. Lagu Indonesia kebanyakan yang menulis bukan penyanyinya melainkan orang lain sehingga saat bernyanyi kurang feeling, penjiwaannya tidak sesuai bahkan berlawanan dengan lagunya. Beda lagi dengan lagu Barat, semuanya ditulis oleh penyanyi itu sendiri. Sehingga penjiwaannya sabgatlah sesuai dengan lagunya. Inilah yang disebut sebagai penyanyi sejati.

Perbedaan yang jelas ini terjadi karena budaya. Budaya orang barat yaitu individualis yang mengakibatkan mereka tidak mau kalah dengan orang lain. Kalau orang lain bisa, mengapa saya tidak bisa. Dan Indonesia menganggap suatu hak adalah milik bersama, dan inilah yang menyebabkan persaingan sangatlah kecil bahkan tidak ada.

Berdasarkan uraian di atas, lagu mana yang paling kalian suka? Lagu Barat atau lagu Indonesia?

Tidak menyukai lagu Indonesia bukan berarti admin tidak cinta Indonesia. Admin cuma tidak menyukai lagu yang diciptakan oleh penyanyi Indonesia bukan Negara Indonesia. Dan banyak yang admin dengar bahwa selera musik Indonesia sangat buruk.

Oke, sampai di sini admin bisa menemani kalian. Sekian dan terima kasih.
Related Posts
Initials JST
Hanya orang biasa yang ingin eksis di dumay. Sering online di Quora dan Pinterest. Jangan pernah menghubunginya lewat WhatsApp jika hari libur.

Related Posts

6 komentar

  1. Ane juga penggemar lagu barat dan btw ane juga penggemar Avril Lavigne gan, suer.

    BalasHapus
  2. Kl sy tergantung lg nya. Mau brt kek kl ga enak ya gak enak.. Mau indonesia jg kl ga enak ya gak enek.. Tp sy lbh sk lg barat era 80 / 90 an aja kl indonesia. Yg era 90. Tp jgn lg melow dan mendayu2 gak suka bgt he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soalnya yang lagu mellow itu ngeselin bikin baperan :v

      Hapus
  3. Bagi saya sih, semua enak tergantung suasana hati saja, kalo ada waktu bisa berkunjung ke vhbjn.blogspot.com

    BalasHapus
Dilarang spam dan menyisipkan link aktif pada komentar. Use your brain!