bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Dampak Positif Hidup Merantau Sambil Ngekost Bagi Pelajar Atau Mahasiswa

Yap, kembali lagi dengan admin yang akan menjelaskan beberapa dampak positif atau manfaat hidup ngekost dan merantau bagi pelajar atau anak muda yang sedang menuntut ilmu. Saat ini admin sendiri sudah ada di kampung lagi liburan hehehe. Jadi admin punya cukup waktu untuk membuat artikel di blog yang bisa dikatakan seperti gubuk reot ๐Ÿ˜‚.

Oke langsung ke topik pembahasan, di sini ada yang sudah kelas 3 SMA? Bagi kalian yang sudah kelas 3 SMA, sebentar lagi kalian akan lulus dan ada kemungkinan kalian akan lanjut ke jenjang yang lebih tinggi yakni ke Perguruan Tinggi baik yang negeri (PTN) maupun versi swasta (PTS). Kalau mau lanjut ke PT ada dua pilihan yang harus kalian pilih keluar kota atau kabupaten atau tetap di kota/kabupaten yang kamu tinggali. Kalau bisa lintas provinsi atau pulau itu lebih menantang bahkan bisa lintas negara hehehe. Tapi kalau mau keluar negara agak sulit ya, kalian harus bisa minimal bahasa Inggris dan disarankan untuk bisa menguasai bahasa negara tujuan Admin sendiri kuliahnya di Makassar dan kampung admin ada di Toraja yang jaraknya cukup jauh yakni 7-8 jam perjalanan. Itulah yang namanya merantau keluar dari "zona nyaman" yakni daerah kalian sendiri demi menuntut ilmu.

Kemudian beralih lagi ke kost. Kalau merantau lalu tinggal bersama keluarga ya itu sama saja tidak ada tantangannya, mengapa demikian? Itu nanti admin jelaskan di bawah yang penting lebih bagus ngekost sambil merantau dari pada tinggal sama keluarga misalnya tante/om atau kakak. Bagi yang penasaran apa saja manfaat ngekost dan merantau bisa anda simak di bawah ini.

1. Mandiri dalam mengatur keuangan dan kebutuhan sehari-hari

Dulunya belum mandiri tapi dengan menjadi anak kost kalian akan secara tiba-tiba menjadi lebih dewasa dalam hal mengatur keuangan dan segala kebutuhan hidup lainnya. Mungkin ada yang berpikir kalau ini adalah tugas seorang wanita, tapi pria jantan pun bisa melakukan segalanya yang biasa dilakukan oleh seorang wanita pada umumnya. Contohnya kegiatan dapur, anak kos pria yang ngekost sendirian bisa melakukan itu seperti menanak nasi dan mengolah lauk sesukanya. Walaupun hasil usahanya belum sebagus yang diinginkan tapi setidaknya bisa melakukan hal-hal yang dikategorikan sebagai kemandirian.

Untuk hal keuangan jika menjadi anak kost sangat disarankan untuk menghemat uang bulanan. Banyak yang harus dibayar seperti uang sewa kost bulanan, uang untuk membeli beras atau kebutuhan jasmani lainnya, uang bensin bagi yang punya kendaraan (disarankan untuk memakai kendaraan yang hemat bahan bakar/injeksi) dan lain sebagainya. Ada sedikit tips dari admin, untuk menghemat uang biasanya jika ada acara yang ada makan-makannya admin ikut dan hadir disitu kemudian jika ada kesempatan kunjungi kost teman kalian jika pulang kuliah atau dari kampus. Siapa tahu teman kita itu mengijinkan kita untuk makan bersama?

2. Bisa jaga diri walaupun jauh dari keluarga

Ini merupakan suatu kewajiban untuk bisa menjaga diri di daerah/kota orang lain yang belum tentu kalian belum terbiasa dengannya. Bagi seorang cowok ini adalah hal yang cukup mudah lalu bagaimana dengan seorang cewek yang ngekost? Banyak sekali hal yang terjadi pada seorang cewek jika tidak tahu jaga diri di perantauan. Seperti yang dulunya baik-baik saja namun setelah tinggal di perantauan malah menjadi rusak masa depannya. Banyak yang begitu tapi tidak semuanya hal tersebut terjadi pada anak kos cewek.

Menurut admin jaman sekarang memang terlihat keras dan berbahaya bagi kaum anak muda khususnya yang cewek. Ada yang hamil diluar nikah, dipe*kosa, habis itu dibunuh dan akhirnya tamat sudah riwayat hidup. Ada yang sudah begitu walau masih SMA, kita bisa bayangkan jika sudah kuliah lalu ngekost dan hidup tanpa dampingan orang tua? Hanya anak cewek kuat saja yang bisa menjalani kehidupan kost dan merantau tanpa ada yang rusak pada dirinya :v. Cewek-cewek seperti itulah yang jadi idaman para lelaki wkwkwk ๐Ÿ˜‚.

3. Mudah beradaptasi atau menyesuaikan dengan lingkungan sekitar

Jika kalian pergi keluar dari kampung atau kota sendiri, kalian bisa menemukan banyak hal baru yang tidak ada di kampung/kota kalian sebelumnya. Misalnya bahasa, kalian akan bisa mempelajari dan membiasakan diri menggunakan bahasa daerah yang ada di lingkungan perantauan kalian. Selain itu mungkin ada juga perantau seperti kalian berasal dari daerah lain dan tentunya memiliki budaya sendiri yang mereka bawa. Bukan cuma itu kalian bisa mencicipi makanan khas dari kota tempat kalian merantau tersebut.

Awalnya memang agak sedikit aneh menghadapi perpaduan budaya dari berbagai daerah di tempat kalian merantau. Kadang dengan tidak sengaja kalian menggunakan bahasa daerah asal lalu teman kalian yang dari daerah lain tidak mengerti. Itu sudah biasa jika masih permulaan dan butuh penyesuaian lebih. Jika kalian pernah salah bahasa, tenang bukan cuma kalian yang begitu admin juga pernah begitu ๐Ÿ˜‚. Namanya juga baru belajar beradaptasi, jadi kesalahan merupakan hal yang sudah biasa.

4. Menjadi lebih percaya diri dan bertanggung jawab

Mungkin kalian dulunya adalah seorang yang memiliki kepribadian pemalu namun dengan merantau dan ngekost rasa pemalu kalian akan tiba-tiba lenyap. Lenyapnya rasa malu tersebut disebabkan karena diharuskan untuk berkomunikasi dengan orang-orang baru. Dengan rasa percaya diri tersebut, segala sesuatu yang ingin kalian lakukan akan terasa mudah. Bagi seorang mahasiswa rasa percaya diri ini memang sangat diperlukan, misalkan untuk berbicara di depan umum dan lain sebagainya.

Lalu dengan merantau sambil ngekost kalian dituntut untuk bisa memikul banyak tanggung jawab. Kalian jauh dari keluarga sebisa mungkin menjaga kesehatan, keamanan, serta hal-hal yang menyangkut kegiatan kalian diperantauan dan tentu saja menjaga harapan terbesar orang tua :v.

5. Menjadi orang yang berani mengambil resiko

Menjadi seorang perantau kita memang bebas mengambil keputusan tanpa ada campur tangan dari orang tua. Keputusan yang kalian ambil akan sangat mempengaruhi kehidupan kaliam sebagai seorang perantau. Keputusan ada di tangan kalian dan hasil keputusan tersebut memiliki resiko-resiko tertentu yang mau tidak mau harus diterima. Pengalaman berani mengambil resiko di perantauan, suatu saat akan mempermudah kalian untuk mempertimbangkan segala sesuatu.

Itu sudah beberapa dampak positif atau manfaat merantau sambil ngekost yang admin bisa paparkan. Masih banyak lagi manfaat merantau sambil ngekost yang belum admin tuliskan dalam artikel ini. Kalian sendiri akan merasakan manfaat tersebut ketika merantau dan menjadi anak kos di tanah orang. Jadi admin sarankan jika kalian masih muda, gunakanlah masa muda itu untuk belajar mandiri dan belajar mandiri tersebut kalian bisa pelajari ketika jadi perantau dan anak kos.

Tapi tidak semua orang bisa pergi merantau karena keinginan dan kesempatan untuk merantau. Kebanyakan para perantau ini berasal dari kalangan pekerja dan mahasiswa yang ingin menambah pengalaman. Akhir kata admin ucapkan terima kasih atas kunjungan kalian ke blog ini. Sampai jumpa..
Related Posts
Initials JST
Hanya orang biasa yang ingin eksis di dumay. Sering online di Quora dan Pinterest. Jangan pernah menghubunginya lewat WhatsApp jika hari libur.

Related Posts

4 komentar

  1. Anak kost jg to... Gt donk agak beda dikit nulis artikelnya. Ttg masalah yg simpel but berhubung yg nulis jago enak aja dibacanya

    BalasHapus
  2. Adaptasi itu paling penting bagi orang perantau, sebab saudara terdekat adalah Pemilik Kos dan tetangga2.

    BalasHapus
  3. Ijin nyimak,soalnya masi sekolah

    BalasHapus
Dilarang spam dan menyisipkan link aktif pada komentar. Use your brain!