bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Tipe - Tipe Pengguna Media Sosial Yang Ada Di Dunia Maya

Apa kabar semuanya? Baik-baik saja bukan? Heheh semoga sehat semua ya! Pada kesempatan kali ini, admin akan menjelaskan beberapa tipe pengguna media sosial. Mungkin salah satu tipe di bawah nanti adalah tipe yang kalian miliki :v. Oke langsung saja ke poin pembahasan.

Media sosial secara etimologi terdiri dari dua buah kata yaitu "Media" dan "Sosial". Media berarti sarana atau perantara agar dua hal bisa terhubung. Sedangkan sosial berarti segala sesuatu yang ada hubungannya dengan kemasyarakatan atau hubungan antara orang yang satu dengan orang yang lain. Jadi media sosial berarti suatu sarana perantara (hubungan) interaksi antara dua orang atau lebih yang memiliki sifat kemasyarakatan atau kehidupan sosial.

Semua orang yang menggunakan internet pasti sudah memiliki akun media sosial, utamanya Facebook. Untuk akun media sosial lain seperti Twitter, Instagram, dan Youtube mungkin penggunanya lebih sedikit dibanding pengguna Facebook, di mana kita ketahui untuk saat ini Facebook adalah sutus jejaring sosial nomor satu di dunia. Kita lanjut ke chatting, media seperti Whatsapp, BBM dan lain lain juga tak kalah banyak dengan Twitter dan Instagram karena penggunaannya relatif mudah untuk dipakai orang awam. Blog juga termasuk jenis media sosial namun konteksnya lebih rumit lagi, karena hanya orang-orang punya pengetahuan tertentu saja yang bisa menggunakannya.

Setiap orang pasti punya karakter saat berada di dunia maya. Ada yang sesuai dengan karakternya di dunia nyata dan ada juga yang tidak. Contoh ketidaksesuaian karakter ini terlihat pada orang yang biasanya ribut bahkan ngebacot di media sosial dengan kata lain dia garang namun kehidupan di dunia nyatanya malah menjadi kebalikan dari garang yakni pengecut.

Di bawah ini admin akan mejelaskan beberapa tipe dari pengguna media sosial.

1. Penginfo (Sharer)

Kalau dilihat-lihat, tipe ini sangatlah bagus. Kagiatannya ialah membagi informasi yang menarik dan bermanfaat kepada seluruh pengikutnya dan temannya di media sosial. Menurut mereka, membagikan informasi yang bagus ke orang lain merupakan cara untuk meningkatkan pengetahuan orang lain melalui media sosial. Tipe ini jika admin lihat jumlahnya banyak juga lho.

2. Pengintai (Stalker)

Menurut admin, tipe ini kurang kerjaan ya. Kebanyakan tipe-tipe ini memakai akun fake atau akun palsu dengan tujuan agar identitasnya tetap rahasia. Kegiatan sehari-harinya cuma lihat profil orang lain untuk mengetahui isi kehidupan orang lain melalui kronologi sebuah akun.

3. Pansos dan pengemis like

Inilah hal yang terjadi jika orang tidak mempunyai kepopuleran. Nah agar mereka jadi populer, biasanya mereka memposting hal-hal yang menyebalkan dan bahkan bisa mengundang amarah pengguna media sosial lainnya. Lihat saja di grup-grup meme, banyak yang posting meme "yang tidak like dan komen, mandul tujuh turunan". Lebih parahnya lagi, hanya demi banyak like dan populer, mereka dengan beraninya menista agama orang lain bahkan menghina Tuhan Sang Pencipta. Jadi ini adalah tipe pengguna yang sangat berbahaya.

4. Hacker abal-abal

Kebanyakan tipe ini berasal dari golongan bocah dan anak remaja yang sok-sok jadi jagoan dunia maya dengan mengakui dirinya adalah hacker. Hacker sendiri tidak pernah mengakui dirinya adalah hacker melainkan mereka diakui oleh orang lain sebagai hacker karena tentunya sudah pernah meretas situs pemerintah ataupun swasta. Di bionya tertera "Hacker Sejati" dan foto profilnya pakai topeng anonymous. Hacker your head 😂. Retas akunnya yang lupa kata sandi saja kagak bisa.

5. Tukang pamer

Segala sesuatu yang dimiliki oleh pengguna tipe ini akan ia pamer di media sosial dengan tujuan agar orang tahu kalau mereka memilikinya. Bukan hanya itu, bahkan saat sedang bepergian mereka selfie, pamer kalau dia punya banyak uang untuk bisa jalan jalan. Tipe ini adalah tipe orang sombong. Mungkin ada yang bilang, tipe ini kebanyakan orang kaya. Prasangka kalian salah, kebanyakan yang seperti ini adalah orang-orang kesusahan/ekonomi menengah ke bawah. Yap, mengapa begitu? Supaya mereka bisa dianggap sebagai orang kaya. Dan paling mirisnya, banyak remaja yang di kronologinya hidup mewah, pakai hp mahal, makan direstoran, nonton di bioskop dan lain-lain padahal di balik itu orang tuanya hidup susah, serba kekurangan 😢. Ini adalah anak durhaka.

Selain di atas, ada pula yang pamer aurat 😲. Hal ini terjadi pada kaum wanita. Pakai pakaian ketat, seksi dan minim busana (bahkan ada yang nyaris telanjang bulat) agar banyak yang menyukainya dan berharap segera mendapatkan jodoh 😂. Pamer aurat itu dosa lho tapi masih tetap saja dilakuakan. Dan lagi-lagi, menurut penelitian orang yang pamer aurat kebanyak orang-orang yang sudah rusak (tidak perawan), nafsuan, dan tentunya tingkat ekonominya sangatlah rendah. Kecuali artis ya, kecuali 😂. Artis kan bebas, punya banyak uang, terkenal, dan cantik-cantik. Dan mereka melakukannya bukan karena nafsu, melainkan model majalah, dan untuk para fansnya.

6. Si Penyimak

Jarang nongol, ga jelas dan pesan-pesan yang ditinggalkannya singkat, padat serta tidak jelas, atau bahkan tidak pernah meninggalkan jejak berupa komentar dalam sebuah postingan. Tipe ini punya prinsip yang unik, yaitu media sosial hanyalah kebohongan belaka karena di media sosial orang akan berinteraksi dengan orang lain yang belum tentu saling kenal. Pengguna dengan tipe seperti ini sangatlah misterius, komen saja jarang bahkan tidak pernah, like postingan orang tidak, dan apalagi mau berbagi informasi. Yang menjadi misteri dari tipe ialah apa tujuannya aktif di media sosial? Padahal cuma menyimak saja (Silent Reader) jadi ngapain aktif di media sosial kan sama saja kalau baca berita di website.

7. Pemburu Like

Ini adalah tipe yang langka. Mereka biasanya meberikan like terhadap postingan seseorang baik yang ia kenal maupun orang yang belum mereka kena bahkan mantan pun ia berikan like. Tipe-tipe seperti ini sangatlah dermawan dalam memberikan like dengan tanpa mempertimbangkan jelek tidaknya suatu postingan baik di beranda maupun grup. Bahkan, tiada satu postingan pun yang ia lewatkan untuk dilike dalam berandanya. Gila kan? 😂. Tapi bukan bermaksud gila gak waras tapi aksinya yang greget.

8. Tukang Refferal dan Receh

Dalam media sosial, tipe ini banyak sekali melampaui jumlah pasir di pantai 😂. Mereka sebenarnya membagikan sesuatu seperti e-book, aplikasi, game, musik, bahkan video por*o tapi mereka membagikannya dengan tidak ikhlas alias ingin semata-mata mendapatkan uang dari hasil pemendek url (shortlink). Bagi yang belum pernah dapat tipe pengguna ini berarti kalian belum masuk grup film dan gretonger. Apalagi sekarang hmm yang banyak dishare itu video biru semua, bikin nganu 😫.

9. Penggemar (Fans)

Ini dia tipe yang paling sering admin temukan. Kebanyakan pengguna ini dianggap menggunakan akun palsu jadi secara otomatis jika melakukan bisnis online ya tidak ada yang mau terima soalnya mencurigakan. Pengguna tipe ini kebanyakan mengidolakan K-Pop, anime, artis Jepang dan beberapa karakter game. Seluruh kronologinya berisikan tentang apa yang mereka idolakan misalnya mengidolakan K-Pop. Pasti kronologinya semua berisikan K-Pop mulai dari foto idol, dan kehidupan dari idol yang ia sukai.

Kayaknya itu saja deh yang admin tahu. Jika ada yang perlu ditambahkan silahkan untuk berkomentar di bawah. Oke, akhir kata admin ucapkan terima kasih. Sampai jumpa.
Related Posts
Initials JST
Lebih sering online di Quora dan Pinterest dari pada media sosial lain. Penikmat konten kerajinan tradisional dari channel 李子柒 Liziqi di YouTube.

Related Posts

3 komentar

  1. Balasan
    1. Masih banyak tipe sebenarnya, tapi cuma itu yang admin tulis. Terima kasih ya, atas kunjungannya 😊.

      Hapus
  2. sya termasuk semuanya.. wkwkwk

    BalasHapus
Dilarang spam dan menyisipkan link aktif pada komentar. Hanya yang memiliki akun Google bisa berkomentar.