bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Tips Dan Cara Menulis Artikel Original Untuk Blogger Pemula

Mendengar kata Blogger dan ngeblog pasti yang terlintas dipikiran kita ialah artikel. Belum tentu juga semua Blogger bisa menulis artikel original dan semua blog belum tentu kontennya ialah artikel original. Biasanya, blog yang isinya artikel original adalah Blogger yang sudah memiliki pengalaman yang banyak dan tentunya sudah lama menekuni dunia blog.

Blogger yang bisa menulis artikel original ini adalah "Blogger Sejati". Bagi Blogger yang belum terbiasa menulis, biasanya mereka akan merasa kesulitan dalam mengutarakan pendapat dan hasil pemikirannya sendiri. Jadi kita bisa menyebut Blogger yang belum bisa menulis ini dengan julukan "Blogger Pasif". Mengapa kita menyebutnya begitu? Itu karena mereka hanya bisa mengemukakan pendapat orang lain bukan pendapatnya.

Fungsi blog yang sesungguhnya ialah untuk memberikan, memaparkan, dan mengutarakan hasil pendapat dan pemikiran kita sendiri. Bukan untuk memaparkan hasil orang lain. Ada juga pengecualian untuk menampilkan rumus fisika atau matematika. Karena rumus itu akan tidak berubah sampai selamanya. Nah kalau untuk pengertian beberapa hal bagaimana? Misalnya ada perngertian Bumi. Menurut Wikipedia Bumi adalah planet ketiga dari Matahari yang merupakan planet terpadat dan terbesar kelima dari delapan planet dalam Tata Surya. Tapi menurut admin sendiri, Bumi adalah planet dalam tata surya yang terletak diantara planet Venus dan Mars, juga Bumi adalah satu-satunya planet di tata surya yang memiliki kehidupan. Beda kan pendapat Wikipedia dengan pendapat admin?

Hasil pemikiran diatas bersumber dari otak admin. Itulah fungsinya otak, yaitu digunakan untuk berpikir bukan untuk mencuri artikel orang lain. Loh kenapa mencuri? Ini terjadi karena kurangnya kesadaran akan perasaan serta rasa menghargai karya orang lain. Lamanya ngeblog belum tentu membuat seorang Blogger bisa membuat artikel original. Ada juga yang baru setahun ngeblog sudah bisa menulis artikel original. Cepat tidaknya Blogger bisa menulis artikel original tergantung dari sifat kritis dari seseorang.

Lalu bagaimana caranya agar bisa menulis artikel original utamanya untuk Blogger pemula? Untuk itu, kalian bisa melihat beberapa tips yang admin berikan berdasarkan pengalaman sendiri.

1. Perbanyak membaca buku dan artikel fakta-fakta unik.

Ini agak sulit terpenuhi ya. Apalagi yang memang malas pegang buku apalagi mau baca. Ini bisa kita lihat dari kebiasaan para netizen sumbu pendek yang hanya membaca judul artikel yang dishare pada jejaring sosial sehingga komentarnya tidak nyambung dengan isi dan maksud sebenarnya dari artikel tersebut.

Sering nonton On The Spot? Ataukah juga sering streaming channel Youtube seperti YTCrash, Mahasiswa Abadi dan Calon Sarjana? Jika kalian hobi melihat tayangan tersebut maka percayalah kalian pasti bisa menulis artikel original karena dengan menontonnya bisa menambah banyak sekali wawasan yang sangat diperlukan ketika menulis artikel.

Admin sendiri berlangganan dengan ketiga channel Youtube tersebut karena memang bagus dan bermanfaat. Untuk blog, admin biasanya membaca artikel dari blog TahuPedia. Blog tersebut berisikan fakta-fakta unik yang berasal dari seluruh penjuru dunia. Dan yang terpenting, nama blog ini terinspirasi dari blog tersebut ๐Ÿ˜Š.

2. Berlatih untuk mengembangkan kerangka pidato.

Pada sekolah semua kan saudara/saudariku? Ya pasti semua pernah karena pemerintah mewajibkan kita untuk sekolah. Mata pelajaran yang berhubungan dengan yang namanya pidato adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pernah disuruh membuat pidato? Khusus untuk bagian kerangaka pidato seperti pembukaan, isi dan penutup diharuskan kalian sendiri yang mengarangnya dan jangan copas dari Google.

Di dalam isi pidato masih ada yang namanya ide pokok atau garis besar yang akan dijelaskan. Misalnya pengertian narkoba. Kalian harus bisa menulis definisi dan pengertian dari narkoba. Misalnya menurut admin, narkoba adalah obat-obat terlarang yang mengandung zat adiktif sehingga akan membuat seseorang mengalami kecanduan. Nah itu pendapat admin, bagaimana dengan pendapat kalian. Saya harap kalian punya pendapat tersendiri.

3. Perbanyak berimajinasi dalam hal yang positif.

Admin katakan berimajinasi dalam hal positif supaya tidak terjadi kesalahpahaman di antara kita ๐Ÿ˜Š. Orang-orang yang hebat dalam berimajinasi biasanya mereka bekerja menjadi seorang penulis novel atau cerpen dan komikus (ahli komik). Ngeblog juga butuh imjinasi tinggi untuk bisa membuat artikel original.

Misalnya kita akan menulis artikel tentang cara mengganti template blog. Di sinilah kita mulai berimajinasi sambil memilih kata-kata yang tepat untuk disampaikan nantinya. Kita mulai membayangkan sebuah hape, lalu hape tersebut digunakan untuk membuka platform blog. Setelah terbuka cari menu tema dan klik. Menu tema telah terbuka selanjutnya cari tombol Backup/Pulihkan dan akhirnya mengunggah template yang telah ada di hape tersebut. Gampang kan?

Kunci untuk bisa menulis artikel original adalah kemampuan otak dan tentunya wawasan kalian. Ada juga faktor yang menyebabkan orang tidak bisa menulis artikel original karena memang malas. Admin sendiri baru bisa menulis artikel original setelah 5 bulan ngeblog dan waktu itu admin masih di MyWapBlog. Berdasarkan hal diatas kalian mau pilih mana? Jadi Blogger Sejati atau Blogger Pasif?

Beberapa tips diatas semoga bisa bermanfaat bagi saudara/saudari sebangsa dan setanah air. Saya tutup dengan ucapan terima kasih. Sampai jumpa ๐Ÿ‘‹.
Related Posts
John Asto
Hanya orang biasa yang ingin eksis di dumay. Sering online di Quora dan Pinterest. Jangan pernah menghubunginya lewat WhatsApp jika hari libur.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

5 komentar

  1. Berguna buat blogger pemula seperti saya, hehehe

    BalasHapus
  2. Terima kasih semuanya telah meninggalkan jejak di blog ini ๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  3. Beraaaat bahasanya dh high level bagiku

    BalasHapus
  4. Artikel yang sangat bermanfaat untuk para Blogger pemula

    BalasHapus

Posting Komentar

Dilarang spam dan menyisipkan link aktif pada komentar. Use your brain!