bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Pentingnya Penggunaan Fitur Permalink Yang Benar Di Blogger

Saudara/saudariku sebangsa dan setanah air mari kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan YME. Karena atas karunianyalah kita sebagai umatnya bisa dipertemukan satu sama lain. Waduhh kenapa malah seperti pidato yak? Sudahlah jangan dipikirkan lagi ๐Ÿ˜‚. Yap kembali lagi dengan saya admin TahuPost. Sudah lama ya admin tidak membuat artikel?

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai penggunaan atau pemakaian permalink yang benar di platform blogging Blogger. Dalam dunia blogging permalink dikenal sebagai alamat URL yang mengarah pada sebuah artikel tertentu. Di Blogger sendiri sudah tersedia fitur permalink kita hanya tinggal menggunakannya dengan baik dan benar.

Namun hanya sedikit yang menggunakan fitur ini secara maksimal. Ada dua sistem permalink yang ada di Blogger yakni Automatic Permalink (otomatis) dan Custom Permalink (khusus). Mungkin kalian lebih banyak menggunakan Automatic Permalink kan? Pada Automatic Permalink ini mengikuti judul postingan dan memiliki batas karakter tertentu. Jadi jika judul postingan terlalu panjang maka yang menjadi permalink hanya sebagian saja alias menjadi tidak lengkap.
Kita lihat contoh diatas. Itu adalah permalink untuk artikel ini. Tidak lengkap kan? Berdasarkan judul artikel ini ada empat kata yang hilang, yakni "Yang Benar Di Blogger". Automatic Permalink hanya mengikuti judul dan memiliki batasan karakter. Coba hitung ada berapa karakter pada permalink di atas? Silahkan kalian hitung sendiri.

Supaya bisa menjadi lengkap kita menggunakan Custom Permalink. Dalam Custom Permalink terdapat aturan yang mengikat yaitu jangan menggunakan karakter lain seperti huruf, angka dan strip (-). Setiap kata harus dibatasi dengan strip (-) dan jangan memakai spasi atau underscore (_) karena akan membuat permalinknya tidak valid seperti gambar di bawah ini.
Untuk underscore bukannya tidak valid melainkan akan dianggap tidak ada. Contoh, yang_baik maka akan menjadi yangbaik. Sudah mengerti? Kalau sudah mengerti kita lanjut ya. Dari pada memakai Automatic Permalink lebih baik menggunakan Custom Pernalink karena nanti lebih lengkap sesuai dengan judulnya.

Trik permalink ini sebenarnya tidak wajib ya saudara/saudariku sebangsa dan setanah air. Kalian bisa memakainya bisa juga tidak, itu tergantung dari keputusan kalian. Tapi lebih baik menggunakan trik ini agar artikel menjadi lebih SEO. Trik ini hanya bisa dilakukan untuk artikel baru sebelum dipublikasikan atau artikel dalam bentuk draft.

Cara menggunakan Custom Permalink bagaimana? Buatlah satu artikel saja. Pada halaman pembuatan entri baru, lihat menu setelan entri atau posy settings di bagian kanan layar. Kemudian klik permalink atau dalam bahasa Indonesianya tautan permanen. Kalian pilih Custom Permalink (Tautan permanen khusus).
Silahkan kalian tambahkan kata yang hilang sesuai dengan judul artikelnya. Atau bisa juga lain seperti mengubahnya menjadi penggunaan-permalink-yang-baik-dan-benar asalkan sesuai dengan isi dari artikel yang dibuat. Banyak Blogger yang biasanya tidak menerapkan trik ini karena beberapa faktor seperti lupa atau memang karena belum tahu bagaimana pengaturan permalink.

Oke saudara/saudariku. Sampai di sini saja pembahasan kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Sekian dan terima kasih. Sampai jumpa ๐Ÿ˜Š.
Related Posts
Initials JST
Hanya orang biasa yang ingin eksis di dumay. Sering online di Quora dan Pinterest. Jangan pernah menghubunginya lewat WhatsApp jika hari libur.

Related Posts

2 komentar

  1. persetan, kalo ane yang penting tetep nulis :v mampir gan blog ane www.elysetiawan.com komennya ditunggu.

    BalasHapus
  2. Bener banget, permalink yang sesuai dengan judul dan tidak terlalu panjang menambah nilai SEO.

    BalasHapus
Dilarang spam dan menyisipkan link aktif pada komentar. Use your brain!