bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Pendapat Penganut Bumi Datar Tentang Bumi Yang Membuat Orang Tercengang

Ilustrasi. Source: CNN Indonesia
Yap, pada kesempatan kali ini admin akan memaparkan beberapa pendapat menurut penganut Bumi datar atau biasa disebut flatter mengenai planet yang kita tempati tinggal yaitu Bumi. Admin tahu banyak soal bumi bulat dan bumi datar karena admin sendiri masuk grup 101 Kesalahan Flath Earth.

Di dalam grup tersebut dibahas beberapa kesalahan-kesalahan yang dimiliki oleh bumi datar atau flatter. Tak jarang terjadi perdebatan sengit antara kaum bumi datar dengan kaum bumi bulat dengan kesimpulan bahwa bumi datar selalu salah. Tapi, menurut admin grup tersebut sudah tidaklah ramai lagi sebab banyak flatter yang sudah keluar dari grup otomatis perdebatan tidak menjadi seru.

Mungkin ada yang tanya, teori bumi datar ini kapan muncul? Manusia percaya bahwa bumi itu datar pada zaman purbakala di mana pada saat itu penjelajahan dunia belum ada. Sampai pada saat abad ke-4 SM, para filsuf Yunani berpendapat bahwa bumi itu bulat. Saat itu, teori bumi bulat menyebar luas di seluruh benua Eropa (Referensi: Filsafat Ilmu). Lalu bagaimana dengan bumi datar? Teori bumi datar sudah tidak dianggap lagi di kalangan masyarakat Eropa.

Bumi datar kembali bangkit pada tahun 2010 sehingga muncullah forum diskusi Flat Earth Society di internet (Referensi: Wikipedia). Admin sendiri mulai tahu tentang bumi datar atau flat earth ketika bumi datar itu dijadikan lelucon atau hiburan semata di jejaring sosial. Tapi bukannya menjadi bahan lelucon, bahkan ada segelintir orang yang menjadi percaya bumi datar atau pura-pura menjadi penganutnya demi mendapatkan popularitas.

Selama ada di grup 101 Kelasahan Flat Earth, admin banyak tahu seluk-beluk dan pendapat-pendapat dari bumi datar ini.Bagi orang awam, tentunya pendapat flatter ini sangat tidak masuk akal. Bahkan bumi datar sendiri tidak punya rumus yang menguatkan teori/pendapat mereka tersebut beda dengan bumi bulat yang punya rumus Fisika untuk menguatkan teorinya.

1. Bumi itu tidaklah bulat melainkan datar.

Ilustrasi. Source: Oomph
Ini adalah prinsip atau teori dasar dari bumi datar karena tanpa teori ini penganut bumi datar tidak akan ada. Menurut flatter berbentuk seperti cakram dan ada yang namanya kubah celestial dimana kubah ini berbentuk seperti tudung saji dan tidak bisa ditembus oleh apapun.

Penggambaran bumi datar ini berbeda dari flatter yang satu dengan flatter lainnya dengan kata lain mereka punya pandangan dan prinsip sendiri-sendiri (tidak konsisten terhadap teori). Ada yang beranggapan bahwa bumi ini ada di tangan raksasa, merupakan cangkang kura-kura raksasa, di gantung seperti lampu, dan yang paling banyak ialah melayang di atas ruang hampa.

Pasti ada yang tanya, di mana letak matahari dan bulan? Menurut pandangan mereka, matahari dan bulan ada di dalam kubah celestial yang jaraknya 4800 km serta kosmos yang berjarak 5000 km dari permukaan laut. Juga diameter matahari dan bulan adalah sama yakni 52 km (32 kaki).


2. Gravitasi itu adalah hoaks.

Foto: Pixabay
What the flip! Sebagian flatter tidak percaya adanya gravitasi. Mengapa demikian? Tak ada alasan yang kuat mengapa sebagian flatter ini tidak percaya adanya gravitasi. Namun saat admin jalan-jalan di dunia maya, admin mendapati dua flatter yang saling berdebat dan ternyata bahan perdebatannya adalah gravitasi. Yang satunya percaya gravitasi dan satunya lagi tidak percaya. Ini terjadi karena tidak ada satu pun teori bumi datar yang disetujui oleh semua anggota bumi datar.

Gravitasi sendiri merupakan penyebab suatu benda jatuh menuju pusat bumi. Pertama kali gravitasi ditemukan oleh ilmuwan jomblo yakni Issac Newton ketika mendapati sebuah apel yang jatuh dari pohon. Gravitasi ini wujudnya memang tidak bisa dilihat oleh mata namun bisa dirasakan dan akibatnya bisa dilihat. Berbahagialah orang yang tidak melihat namun percaya ๐Ÿ˜Š.

3. Satelit dan planet-planet itu tidak ada.

Foto: Pixabay
Selain gravitasi, ada flatter yang tidak percaya mengenai keberadaan planet dan satelit. Namun disamping itu juga ada sebagian flatter yang percaya dengan adanya planet dan satelit. Menurut yang tidak percaya, planet dan satelit itu merupakan CGI (Computer Graphic Image) yang dibuat oleh NASA.

Lebih unik lagi bagi flatter yang percaya. Menurut mereka, semua benda ruang angkasa itu bulat kecuali Bumi. Maka secara otomatis Matahari lebih kecil dari planet Merkurius bahkan ukuran matahari sama dengan ukuran bulan yang sama-sama berada dalam kubah celestial. Inginku tertawa sekeras mungkin tapi takut dosa ๐Ÿ˜‚.

4. Pesawat terbang dan kapal laut adalah hologram.

Foto: Pixabay
Ini nih yang namanya ketinggalan jaman. Orang-orang sudah dilantai 9 dia masih di lantai 1. Mungkin, belum ada satu pun para flatter yang pernah menaiki pesawat terbang atau kapal laut. Bagi mereka pesawat terbang dan kapal laut itu hanya hayalan untuk mempengaruhi orang banyak. Menurut mereka Pesawat terbang dan kapal tersebut adalah hasil rekayasa visual dari sebuah hologram yang dibuat dan dikendalikan oleh elit global.

Yang menjadi pertanyaan elit global itu apa sih? Admin juga belum tahu pasti, tapi yang penting elit global adalah penguasa-penguasa dunia yang menganut sistem bumi bulat. Selain hologram, ada juga flatter yang beranggapan bahwa pesawat terbang dan kapal laut itu adalah efek visual komputer atau CGI yang kasusnya sama dengan planet dan satelit.

5. Benua Australia itu keberadaanya tidak ada alias hoaks.

Foto: Pixabay
Ini lah pandangan para flatter yang paling baru sekaligus paling fenomenal. Australia merupakan negara tetangga Indonesia yang pernah memberikan sumbangan cukup besar untuk korban bencana tsunami Aceh beberapa tahun silam. Uniknya flatter Indonesia sendiri tidak menganggap atau tidak membenarkan keberadaan benua Australia.

Tapi bagaimana dengan para flatter lain yang berada di luar negeri khususnya Australia? Mereka tidaklah setuju akan hal itu, apalagi yang hidupnya tinggal di Australia. Para flatter Australia pasti kecewa karena tidak dianggap oleh sesama flatter. Ya itulah, semuanya berawal dari lelucon belaka yang kemudian dipercaya oleh orang berakal dangkal.

6. Antartika mengelilingi bumi dan dijaga oleh pasukan elit global.

Foto: Pixabay
Mendengar kata Antartika membawa kita pada suasana yang dingin dengan lapisan salju tebal akibat hujan salju. Menurut pandangan flatter, di luar lingkaran Antartika ada surga dan neraka serta beberapa rahasia dunia yang belum terpecahkan. Untuk itulah dibentuk sebuah pasukan untuk menjaga Antartika yang notabenenya menurut flatter merupakan perbatasan dunia.

Setelah diperiksa ternyata tidak ada serangan apapun karena memang tidak ada tentara di sana melainkan hanya ada kelompok besar pinguin yang sedang beristirahat. Berdasarkan pengamatan admin, ada gambar yang bumi datar yang memiliki Antartika dan ada yang tidak pula. Nah untuk yang tidak punya, airnya akan jatuh ke ruang hampa, menuju kemama? Tidak tahu, lalu airnya kenapa tidak habis-habis karena tumpah?

Kesimpulannya, anggapan, prinsip dan teori bumi datar kesemuanya menentang sains dan teori bumi bulat tentunya. Untuk itu diperlukan penyaringan informasi yang lebih baik lagi. Tidak semua flatter adalah asli, tetapi ada juga yang cuma pura-pura untuk mendapatkan popularitas.

Jika ada yang masih ditambahkan mengenai artikel ini silahkan tambahkan di komentar nanti. Oke, sampai di sini admin bisa menemani kalian semoga bermanfaat. Sampai jumpa. ๐Ÿ™‹
Related Posts
John Asto
Hanya orang biasa yang ingin eksis di dumay. Sering online di Quora dan Pinterest. Jangan pernah menghubunginya lewat WhatsApp jika hari libur.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

5 komentar

  1. Thanks infonya jangan lupa kunjungi https://secretkhezu.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Aku juga penasaran sama bentuk bumi kita yang sebenarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga masih mencari rupa sebenarnya dari bumi ini. Tapi, dari kedua teori yakni bumi datar dan bulat paling banyak masuk akal itu bumi bulat. Bumi datar ada juga yang masuk akal namun buktinya sangatlah minim. Dan baru-baru ini, muncullah teori bumi baru yakni bumi itu bentuknya sepertu donat yang bolong di tengahnya.

      Hapus
    2. Iya gan bumi bulat paling masuk akal soalnya matahari terbit dari timur dan tenggelam di barat. Coba kalau datar gimana itu gan.

      Hapus

Posting Komentar

Dilarang spam dan menyisipkan link aktif pada komentar. Use your brain!