bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Jangan Lakukan Hal Ini Jika Ingin Disebut Sebagai Blogger Sejati


Apa sih itu Blogger Sejati? Admin sebenarnya sudah menulis artikel tentang ciri-ciri yang dimiliki oleh blogger sejati namun artikelnya masih dalam bentuk draft atau konsep dan sudah dipublikasikan pada blog admin yang satunya lagi. Pada artikel sebelumnya, admin menyebutkan bahwa blogger sejati itu adalah blogger yang sudah mampu atau bisa menulis artikel original alias orsinil.

Selain bisa menulis artikel original, blogger sejati juga memiliki ciri-ciri yang lain seperti hanya memiliki blog artikel. Untuk blog download sepertinya tidak memiliki yang namanya blogger sejati karena blogger yang sesungguhnya itu ialah blogger yang tidak copas mentah-mentah artikel orang lain.

Tidak semua orang bisa menjadi blogger dan tidak semua blogger bisa disebut sebagai blogger sejati. Untuk mendapatkan julukan blogger sejati setidaknya harus memenuhi beberapa kriteria yang menyangkut hal ngeblog dengan benar dan tepat. Keiteria tersebut seperti konten blog, tata letak halaman blog, template blog, dan tujuan mereka ngeblog.

Salah satu indikator yang bisa menunjukkan bahwa blogger tersebut layak disebut blogger sejati adalah blog yang ia kelola terdapat iklan dari Google AdSense. Mengapa kita menjadikan iklan Google AdSense sebagai indikator? Ingat, tidak semua blogger layak diterima oleh Google AdSense karena persyaratan untuk menjadi publisher merujuk pada blog yang profesional baik dalam segi konten maupun tampilannya. Karena kontennya original maka 100% Google AdSense bisa menjadikannya sebagai publisher.

Kalian harus bisa bedakan antara blogger sejati dan blogger sukses. Blogger sukses belum tentu blogger sejati, karena siapa tahu kalau blogger tersebut menjadi sukses karena blog download yang ia kelola. Selain itu blogger yang mengelola blog download tidak layak disebut sebagai penulis. Sebab itulah blogger sukses belum tentu blogger sejati.

Kita lihat blog Jalan Tikus, konten blognya gado-gado padahal banyak orang yang bilang kalau blog gado-gado itu kurang peminat kan? Tapi nyatanya rame kok bahkan merupakan blog paling top di Indonesia. Menurut blogger kebanyakan, blog artikel itu tidak akan diterima oleh Google AdSense apalagi kalau di dalamnya ada konten download. Blog Jalan Tikus merupakan 1 dari ribuan blog yang sukses bahkan ownernya bisa disebut sebagai blogger sejati.

Jika ingin disebut sebagai blog sejati, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan karena akan merusak citra dan martabat seorang blogger. Berikut beberapa larangan jika ingin tetap disebut sebagai blogger sejati.

1. Copy paste artikel orang lain.
Sudah jelas bahwa copas artikel orang lain itu dilarang dalam dunia blogging. Jika hal ini dilakukan, maka harga diri sebagai seorang blogger menjadi turun. Banyak yang bilang kalau copas itu berakibat bully. Banyak blog-blog yang kedapatan mengcopas artikel orang lain tanpa izin sehingga terpaksa ownernya harus berhenti ngeblog.

Selain itu, blognya juga akan dihapus oleh pihak Google karena sudah dilaporkan melakukan pelanggaran hak cipta. Namun menurut admin, hukumannya belum tegas. Perlu perubahan yang signifikan dalam hukuman yang akan diberikan seperti di masukkan ke dalam penjara, dan membayar denda minimal 5 juta rupiah. Jadi jangan lakukan hal ini jika tetap ingin disebut blogger sejati.

2. Membuat blog download.
Ini ada hubungannya dengan larangan nomor 1. Sudah tahu kan karakteristik blog download? Blog download adalah niche blog yang terbilang unik karena hampir 100% adalah blog copas dan reupload. Kalau sudah copas dan reupload maka secara otomatis melanggar hak cipta. Lalu mungkin ada yang bertanya, mengapa blog download itu jarang yang dibanned oleh Google? Ini karena blog download itu jumlahnya bekali-kali lipat dari blog artikel.

Selain itu, pemilik blog download mayoritas menutup data diri yang sebenarnya. Ini sama saja penipuan kan? Dunia blog download itu keras saudara/saudari. Sudah banyak orang terutama pemilik hak cipta file mereport blog-blog yang menyebarkan filenya secara gratis atau dalam hal ini menyebarkan file bajakan.

Poin nomor 2 ini memiliki pengecualian untuk blog-blog yang memiliki konten buatan pemiliknya sendiri seperti film buatan sendiri, anime buatan sendiri, lagu buatan sendiri, serta game dan aplikasi buatan sendiri. Ini baru yang dinamakan sebagai blogger sejati dari blog download. Dan hal ini hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu saja.

3. Menjadikan tujuan ngeblog untuk mencari uang.
Ngeblog itu tujuannya untuk hobi bukan uang. Blogger yang seperti ini biasanya mejadikan ngeblog sebagai pekerjaan utama atau pokok. Itu juga tidak salah apalagi untuk yang pengangguran apalagi punya skill menulis yang oke pasti menjadikan blog sebagai sumber penghasilan.

Untuk yang pemula, jangan ngeblog hanya untuk uang saja melainkan untuk mengasah kreatifitas dan menambah wawasan. Karena nanti percuma deh, yang dipikirkan uang terus lalu kontennya bagaimana? Hancur lebur gak berfaedah. Blognya dipenuhi iklan, otomatis visitor kabur semua. Selanjutnya apa yang terjadi? Mungkin stop ngeblog atau ngewap saja.

4. Memaslukan identitas yang sebenarnya.
Bisa jadi orang yang memalsukan identitas ini adalah orang yang tertutup alias introvert. Kalau begini sih namanya psikopat atau orang gila ๐Ÿ˜‚. Ngapain memalsukan identitas kan sama aja bego, tololnya sampai ke DNA. Kebanyakan yang seperti ini adalah pecinta anime kelas wibu bau bawang.

Orang-orang yang memalsukan identitas ini adalah calon penipu. Jika ingin jual beli online setidaknya ada perantara dulu seperti pihak kepolisian supaya aman. Karena kebanyakan orang memalsukan identitas hanya untuk menipu orang lain sehinggap si penipu dapat untung serta dapat dosa.

Jadi sahabat-sahabat bloggerku semua jangan pernah memalsukan identitas karena akan membuat pengunjung blog akan merasa tertipu akan artikel yang kalian buat.

5. Menulis artikel hoaks.
Apa sih itu hoaks, menurut admin, hoax atau dalam bahasa Indonesianya "hoaks" adalah berita palsu yang sengaja dibuat untuk menarik perhatian orang banyak sehingga banyak orang yang percaya lalu terjadi kesalahpahaman bahkan pertikakian. Admin pernah baca berita hoaks yang pada saat itu hoaks lagi merajalela, artikelnya itu tentang penemuan Dajjal.

Versi hoaks tentang penemuan Dajjal ini banyak juga, ada yang menemukan Dajjal di balik gunung dan ada juga yang di dalam tanah yang katanya sedang membuat terowongan bawah tanah untuk persiapan penyerangan dunia atas yakni dunia manusia. Admin sih tidak percaya. Karena dari tulisannya aja ada yang janggal yakni gambarnya yang tidak sesuai dengan konteks yang dibahas bahkan ada penyebutan tokoh dunia yang tidak sesuai dengan jabatannya.

Walaupun hebat dalam menulis artikel jika artikelnya bohong atau hoaks tetap saja tolol sampai ke tulang-tulang. Akhir-akhir ini yang lagi viral itu berita hoaks tentang Ratna Serempet ehh Ratna Sarumpaet hehehe. Yang mukanya benjol-benjol alias bonyok itu ๐Ÿ˜‚? Kita bisa mengatakan kalau blogger yang menulis berita hoaks adalah blogger gagal dan cacat mental.

Oke saudara/saudari sebangsa dan setanah airku itu saja beberapa hal yang jangan dilakukan jika ingin disebut sebagai blogger sejati dan kalau perlu jika melakukan hal diatas, maka jangan lagi sebut mereka blogger sebut saja mereka nonblogger. Ngeblog itu gak harus copas, tunjukkan kreatifitasmu katanya blogger kok copas? Jika ada yang salah ketik/penulisan dalam artikel ini admin mohon maaf. Juga jika ada kata-kata yang kurang berkenan admin minta maaf atas kesalahan-kesalahan tersebut. Sekian dan terima kasih ๐Ÿ˜Š. Sampai jumpa.
Related Posts
Initials JST
Hanya orang biasa yang ingin eksis di dumay. Sering online di Quora dan Pinterest. Jangan pernah menghubunginya lewat WhatsApp jika hari libur.

Related Posts

Posting Komentar