bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Ditolak Google AdSense? Inilah Penyebabnya Dan Apa Yang Harus Dilakukan?


Anda mengajukan permohonan menjadi publisher di Google AdSense lalu ditolak? Dan mungkin ada yang sudah sampai tiga kali ditolak? Ada banyak alasan mengapa blog anda ditolak oleh Google AdSense. Dulu, peluang untuk bisa diterima Google AdSense terbilang tinggi dibanding saat ini. Hal ini terjadi karena sudah banyak yang menjadi publisher di Google AdSense dan salah satu alasan utama ialah banyak situs-situs hasil plagiat dan reupload. Yang admin baca dari sebuah artikel blogger profesional bahwa Indonesia termasuk negara yang sulit diterima atau diapprove oleh Google AdSense dan admin tidak tahu mengapa bisa begitu.

Waktu peninjauan tidak menentukan diterima tidaknya permohonan yang anda ajukan ke Google AdSense. Ada yang baru beberapa hari langsung diterima dan ada juga yang berbulan-bulan baru bisa mendapat kabar bahwa permohonan mereka diterima. Dan yang paling mirisnya, ada yang langsung ditolak dalam waktu peninjauan beberapa hati saja dan kampretnya sudah menunggu lama malah tetap ditolak ๐Ÿ˜ข. Kalian yang sudah diterima oleh Google AdSense senang aja dan yang masih ditolak hanya bisa meratap dan gigit jari. Admin juga dalam proses peninjauan termasuk kategori lama karena baru dapat kabar setelah hampir 3 minggu. Benar-benar penantian yang berharga ๐Ÿ˜Š.


Nah, ada beberapa alasan mengapa bisa ditolak padahal anda sudah menganggap bahwa blog anda telah memenuhi persyaratan yang diberlakukan oleh Google AdSense.
  1. Hal yang paling disoroti oleh Google AdSense adalah artikel. Blog anda ditolak karena memiliki artikel yang kurang memadai, baik dalam hal kuantitas maupun kualitas. Jumlah yang disebutkan oleh Google AdSense tidak begitu jelas, tapi menurut blogger yang sudah menjadi publisher mengatakan minimal jumlah artikel 30-40 dan admin sendiri diterima oleh Google AdSense ketika memiliki artikel sebanyak 34. Juga artikel kalian harus berkualitas dan bukan hasil curian, terjemahan, ataupun spinner/rewrite. Jumlah kata dalam satu artikel disarankan paling kurang jika 350 kata dan harus lebih di atas lagi.
  2. Umur blog kamu masih seumur jagung. Ini dalam artian blog kamu masih cupu alias masih bayi jika dalam bentuk manusia. Saran admin janganlah terburu-buru untuk mengajukan permohonan ke Google AdSense karena pihak mereka akan menganggap anda tidak sabaran dan hanya ingin secepatnya menjadi publisher. Minimal umur blog yang menjadi persyaratan ialah 6 bulan. Sedangkan umur blog admin ketika diterima oleh Google AdSense masih 2 bulan.
  3. Template yang dipakai tidak terlihat profesional. Ada dua jenis template pada blog, satu template desktop dan template mobile. Sekarang Google AdSense telah memiliki jenis iklan baru yaitu Auto Ads dimana iklan tersebut diprioritaskan untuk tampilan mobile (ponsel pintar). Walaupun tampilan blog kamu bagus di desktop tapi jelek di versi mobile itu sama saja akan ditolak.
  4. Navigasi blog yang terbilang sulit dan menyusahkan pengunjung. Sebuah blog ditujukan untuk bisa mudahkan seorang pengunjung untuk membaca isi artikel yang telah kalian sediakan. Misalnya artikel ini termasuk kategori mana? dan bagaimana bisa membaca artikel yang serupa dengannya?. Navigasi blog harus secara rinci dan sistematis supaya terlihat lebih profesional dan memudahkan pengunjung. Jangan menyulitkan pengunjung dengan tampilan-tampilan melayang dan notifikasi-notifikasi yang tidak jelas karena dengan itu pengunjung biasanya langsung meninggalkan blog kalian.
  5. Umur yang tercantum pada akun Google anda belum cukup. Nah ini juga adalah keharusan yang harus dipenuhi. Minimal umur yang diperlukan ialah 18 tahun dan tentunya punya KTP. Di sinilah muncul kebijakan Google AdSense yang tidak menerima bocah ingusan alias cebong ๐Ÿ˜‚.
  6. Blog kamu belum terindeks atau memang kurang SEO
    Google AdSense menginginkan hal ini supaya blog anda bisa mendatangkan visitor yang banyak. Kalau tidak terindeks atau kurang SEO ngapain diterima? Percuma akan merusak citra Google AdSense dan publisher lainnya.
Selain di atas masih banyak faktor faktor yang menyebabkan permohonan kalian ditolak oleh Google AdSense. Lalu, jika ditolak oleh Google AdSense apa yang harus dilakukan? Ada dua cara utama yang perlu kalian lakukan yaitu tinggalkan Google AdSense lalu menuju ke situs periklanan lainnya dan tetap setia mengajukan permohonan walau ditolak berkali-kali.
  1. Mengajukan permohonan untuk keberapa kalinya ke Google AdSense. Jika kamu melakukan ini maka jelaslah kamu itu orang yang memiliki jiwa pantang menyerah. Tidak semua orang jika ditolak tetap akan mengajukan permohonan kepada orang yang telah menolaknya. Hal ini kalian lakukan jika menurut kalian ada kekeliruan yang dilakukan dalam tahap peninjauan. Tapi menurut admin Google AdSense itu selalu benar dalam meninjau blog karena Google merupakan perusahaan raksasa dunia dan paling terpercaya diantara perusahaan lain yang dipercayai.
  2. Memperbaiki kesalahan yang telah Google AdSense sampaikan dalam hasil laporan peninjauan. Google AdSense masih memberikan kalian kesempatan untuk memperbaiki kesalahan yang kalian buat. Ada banyak yang harus diperbaiki, seperti mengganti template ke versi yang lebih bagus dalam hal ini adalah template responsive, berhenti copas artikel dan perbanyak kata per artikel, meningkatkan SEO blog, dan masih banyak lagi. Setelah melakukan perbaikan dan merasa sudah layak, maka segeralah melakukan poin nomor 1 di atas.
  3. Pindah ke situs periklanan yang lain. Ada banyak situs periklanan di dunia ini namun tidak sebagus Google AdSense tapi walau begitu yang penting bisa menghasilkan uang dari hasil ngeblog. MgID, AdNow dan Yllix adalah beberapa situs periklanan yang terbukti membayar dan bisa dipercaya.
  4. Biarkan blog tidak update selama satu bulan. Wow! satu bulan?? Ini menurut salah satu blogger yang selalu ditolak tapi karena ia tinggalkan selama sebulan, tanpa disadari setelah mengajukan permohonan kembali blognya diterima oleh Google AdSense. Menurutnya ini memberikan kesempatan bagi bot perayapan Google untuk mengindeks halaman per halaman yang ada di blog dengan sempurna dan akhirnya meningkatkan SEO.
Nah, itu sudah tipsnya apa yang harus dilakukan jika ditolak Google AdSense karena beberapa hal. Bagi yang masih tetap ditolak kalian harus tetap semangat dan jangan pernah menyerah. Selalulah bertanya kepada blogger yang sudah diterima oleh Google AdSense agar kalian juga mendapat tips mengajukan permohonan ke Google AdSense dengan benar dan tepat sasaran.

Sekian artikel hari ini, semoga bermanfaat. Terima kasih ๐Ÿ˜Š.
Related Posts
Initials JST
Hanya orang biasa yang ingin eksis di dumay. Sering online di Quora dan Pinterest. Jangan pernah menghubunginya lewat WhatsApp jika hari libur.

Related Posts

8 komentar

  1. makasih informasi nya kak,,.. pengen jadi publisher juga seperti kamu hehehee

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Maaf saudara Shobat Media, komentar anda berisikan link aktif jadi kami akan menghapus komentar anda karena akan berpengaruh buruk terhadap blog ini. Terima kasih atas perhatiannya.

    BalasHapus
  5. https://dailysocial.id/post/cara-membuat-blog-gratis-di-blogger-com/

    BalasHapus
  6. Maaf gan kira" blog saya www.android21.me bisa diterima GK ya.. gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya belum bisa karena kontennya berisikan file download.. Pihak Google tidak akan menerima blog yang melanggar hak cipta. terima kasih. Tapi coba saja semoga bisa diterima... :v

      Hapus
Dilarang spam dan menyisipkan link aktif pada komentar. Use your brain!