bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Berbagai Situs Yang Menyediakan Gambar Gratis Tanpa Hak Cipta Untuk Kepentingan Ngeblog


Saudara/saudariku sebangsa dan setanah air khususnya untuk para blogger pasti dalam setiap memposting sebuah konten ataupun artikel akan membutuhkan yang namanya gambar. Gambar-gambar ini biasanya didapat dari mana? Ayo? Kebanyakan kita mengambil gambar dari Google Images kan?

Gambar-gambar yang asalnya dari hasil pencarian di Google, belum tentu bebas dari hak cipta untuk itu kita harus bisa memilah mana yang punya hak cipta mana yang tidak. Tentu kita tidak bisa membedakannya, kita hanya tahu gambar tersebut memiliki hak cipta ketika kita mendapat laporan dari pemilik gambar tersebut atau dengan kata lain kita terciduk ๐Ÿ˜‚.

Di sini kita akan berbicara tentang hak cipta dari sebuah gambar yang didapatkan dari sumber-sumber tertentu lalu mempublikasikannya lagi ke dalam blog kita saudara. Di dunia musik ada sebuah kelompok musik yang tidak memiliki hak cipta, kelompok musik ini disebut NCS yang merupakan singkatan dari No Copyright Sounds. Biasanya jenis musik seperti ini banyak dipakai oleh youtuber tutorial dan gaming.

Beda lagi di dunia gambar, dunia gambar tidak memiliki kelompok seperti yang dimiliki oleh dunia musik tapi setidaknya disatukan dalam sebuah situs yang menyediakan gambar gratis dan bebas dari hak cipta. Seperti gambar di bawah ini, admin ambil dari sebuah situs yang disebutkan tadi. Jadi siapapun tidak akan mengakui bahwa gambar di bawah ini adalah miliknya. Gambar di bawah ini adalah milik publik tidak ada milik perorangan.


Bagus kan gambarnya? Gambar ini tidak boleh diperjualbelikan menurut sumber yang admin ambil tadi. Jadi siapapun yang menjual gambar gratis di atas, akan dikenakan denda bahkan pidana. Mungkin ada yang bertanya, kalau ambil gambar dari Pinterest gimana? Apakah akan dikenakan pelanggaran hak cipta atau tidak?

Sampai saat ini admin belum tahu akan hal tersebut. Admin cari di Google, tidak ada penjelasan yang detail mengenai hak cipta gambar-gambar yang asalnya dari Pinterest jika kita mempublikasikannya di blog. Walaupun admin punya akun di Pinterest, admin belum pernah mengambil gambar di sana. Admin hanya pakai untuk mencari gambar-gambar meme dan cewe-cewe cantik karena admin ini jones ๐Ÿ˜†.

Biasanya banyak blogger yang memakai gambar dari situs-situs di bawah ini untuk keperluan peninjauan blog yang dilakukan oleh Google AdSense agar bisa diterima dengan penuh.

1. Pixabay

Nah ini dia situs favorit admin. Gambar-gambar yang admin tampilkan di atas tadi ialah gambar-gambar yang asalnya dari situs ini. Bukan cuma gambar saja yang bisa dicari dalam situs Pixabay, namun video juga bisa lho! Keren kan? Sekali anda mengunjungi situs ini, anda akan langsung jatuh cinta pada pandangan pertama. Namun karena hanya menyediakan gambar-gambar gratis, keyword-keyword pencarian dengan nama artis tidak akan bisa didapatkan di situs ini.

2. Wikimedia

Ini sih kembarannya Wikipedia. Wikipedia tugasnya adalah untuk memberikan informasi berupa biodata tokoh-tokoh dunia yang berpengaruh, artis-artis, negara, kerajaan jaman dulu, grup band dan masih banyak lagi. Tapi Wikimedia sendiri akan menyediakan konten berupa data-data digital seperti gambar. Gambarnya cukup lengkap, karena jumlahnya sendiri diperkirakan ratusan ribu bahkan sampai jutaan. Jadi kamu yang lagi mencari gambar untuk artikelmu bisa juga ke sini.

3. Pexels

Admin juga suka sama situs yang satu ini. Hampir sama dengan Pixabay, Pexels menyediakan gambar-gambar yang beresolusi tinggi dan tentunya sangat berkualitas baik dalam segi pewarnaan dan sudut kamera yang tepat. Selain untuk keperluan ngeblog, admin biasanya ke situs ini untuk mencari wallpaper desktop pada PC. Cara downloadnya juga relatif mudah.

4. Flickr

Yang tidak pernah tahu situs ini berarti anda itu masih butuh pengalaman dan lebih dalam lagi untuk menyelam di dunia maya. Bedakan Flickr dengan Flicker yang ada di Mobile Legends apalagi ini nih yang kontra dengan Mobile Legends pasti bilang plagiat lagi dari situs ini ๐Ÿ˜‚. Kok ngebahas mobalog? Oke kita lanjut. Menurut admin ini sama dengan Pinterest ya, dimana kita bisa berbagi gambar. Dalam situs ini ada banyak fotografer-fotografer handal dimana akan menyediakan gambar yang memanjakan mata anda. Sepertinya ini agak kurang efektiv untuk blogging dan admin sendiri jarang mengunjungi situs ini.

5. Stokpic

Pertama kali admin mengunjungi situs ini dulu sempat dikagetkan dengan pemajangan foto-foto bikini yang membuat si titid bisa menegang ๐Ÿ˜‚. Tapi tenang ini cuma bikini tidak ada foto telanjang bulat. Jika kalian mencari gambar dan sudah mengunjungi situs di atas, kalian bisa datang kesini. Menurut admin, gambar-gambar yang disediakan oleh Stokpic lebih cocok untuk persentase Power Point ya. Karena jika disuruh buat persentase admin lari ke situs ini untuk mendapatkan gambar berkualitas namun gratis. Tidak ada salahnya juga memakai gambarnya untuk keperluan ngeblog selama itu masih berhubungan dengan artikel yang akan dibuat.

Cukup 5 saja ya teman-teman. Jari-jari admin sudah pada keriting nih gara-gara ngetik ๐Ÿ˜ง. Ini sih hanya ditujukan untuk blog artikel, kalau blog download tidak bisa. Kalian yang blog download bisa cari di Google saja. Oke, sampai di sini admin bisa menemani kalian. Semoga bermanfaat. Saran admin ubah perilaku mencari gambar kalian. Jangan di Google melulu. Terima kasih ๐Ÿ˜Š
Related Posts
John Asto
Hanya orang biasa yang ingin eksis di dumay. Sering online di Quora dan Pinterest. Jangan pernah menghubunginya lewat WhatsApp jika hari libur.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

12 komentar

  1. Om membuat tytyd menenggang
    Visit saja https://secretkhezu.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Siap langsung ke TKP ๐Ÿ˜Š.

    BalasHapus
  3. cara mengetahui sesuatu gambar yg memiliki hak cipta dan tidak bagaimana bosqu?

    BalasHapus
  4. @Sipatul, saya juga tidak tahu. Google saja bilang bahwa bisa saja gambar tersebut memiliki hak cipta tapi tidak tahu gambar yang mana. Mungkin agan bisa tanya ke blogger yang lain. Terima kasih ๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  5. saya mengandalkan pexels dan pixabay. Gambar disana HD semua lho, dan tentu saja bisa digunakan untuk keperluan personal maupun komersial tanpa harus memberikan copyright saat digunakan

    BalasHapus
  6. Biasanya aku ambil foto di google dengan cara mengetikkan judul artikel yang akan dibuat dan menerjemahkan ke b. Inggris supaya foto yg muncul juga berasal dari blog bule. Dan dari yang muncul tsb, saya pilih situs bookmarking nya, kalo di indo seperti kompasiana atau kaskus, tapi ini dr luar..
    Mantap artikelnya, penyajiannya juga bagus..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar gan ๐Ÿ‘. Terima kasih atas pendapatnya mengenai artikel ini ๐Ÿ˜Š.

      Hapus
  7. Ane suka ambil gambar dari Pexels atau Pixabay. Gambar cewe yang lagi megang daun pisang dapet darimana gan, mirip Bidadari yang lagi mandi di sungai cantik banget, tapi background nya ko agak serem ya.

    BalasHapus
  8. Terimakasih gan infonya, saatnya merombak total blog, karena kmaren cuma ambil di google untuk konten gambar blog, takut dapat teguran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasakan untuk mengambil/mengunduh gambar dari situs yang telah disebutkan di atas ๐Ÿ˜Š. Untuk teguran pelanggaran hak cipta pada data gambar sepertinya tidak se-sensitif musik/lagu dan video. Tapi setidaknya hindari memakai gambar berhak cipta.. ๐Ÿ˜Š Semangat bang rombak artikelnya ๐Ÿ’ช

      Hapus

Posting Komentar

Dilarang spam dan menyisipkan link aktif pada komentar. Use your brain!