bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Pengalaman Ngeblog Dari Awal Hingga Saat Ini | Diary Online

Ada beberapa orang mengatakan bahwa pengalaman adalah guru yang baik. Pengalaman itu sepertinya sesuatu hal yang sudah lewat atau sudah terjadi di masa kita hidup. Ada pengalaman sedih, senang, dan sebagainya. Baik itu pengalaman yang buruk maupun pengalaman yang baik kita jadikan mereka acuan untuk hidup kedepannya. Pengalaman masing-masing individu itu berbeda-beda, itu karena Tuhan sudah menentukan jalan hidup kita masing-masing. Oke kita lanjut ke pembahasan yang sesuai dengan judul artikel di atas.

Logo MyWapBlog
Admin pertama kali mengenal tentang dunia blog saat masih duduk di bangku kelas 2 SMP. Saat itu admin lagi sibuk mencari game Gangstar 3 untuk hp java dulu, semua link admin periksa di om google satu persatu hingga admin dapatkan sebuah blog yang menyediakan game tersebut. Setelah mengunduh gamenya, admin merasa penasaran dengan sebuah link yang ternyata membawa saya ke halaman di mana itu adalah halaman untuk mendaftar di MyWapBlog. Admin iseng-iseng saja mendaftar dan membuat blog di situ dengan memakai alamat e-mail yang memang bukan punya admin, maklum masih belum mengerti yang namanya blog. Karena gak ngerti, akhirnya admin tinggalkan. Keesokan harinya admin browsing lagi (saat itu lagi banyak kuota bahkan unlimited) dan membuka kembali blog yang sama tempat admin mengunduh game Gangstar 3. Admin gulir kebawah dan menemukan sebuah tips blogging di hp. Karena penasaran, admin baca deh artikelnya dan tiba-tiba ingat kata blog di tempat admin mendaftar kemarin. Dan dari situlah admin tahu dan mengerti dengan dunia blogging. Dengan semangat admin login dan membuat artikel pertama di blog itu, artikel itu ialah "Download Game Splinter Cell Java Jar". Tapi tahu-tahunya artikel admin jelek dan tidak rapi seperti pada blog kebanyakan :'(, hari itu juga admin berhenti ngeblog.

1 semester kemudian, admin sudah duduk di bangku kelas 3 SMP. Di kelas 3, yang guru ajarkan ialah jaringan seperti LAN beserta tipe jaringan lainnya dan tak lupa di kelas itu diajarkan untuk membuat e-mail. Karena admin sudah lama punya e-mail, jadi gak perlu mengikuti alur pembelajaran dan ditugaskan oleh guru untuk membimbing teman-teman yang lain dalam membuat e-mail di Google. Sudah itu, pelajaran selanjutnya ialah membuat blog di Blogger. Admin juga sudah punya blog saat itu tapi belum punya blog di Blogger, admin hanya punya blog satu-satunya di MyWapBlog. Admin akhirnya membuat blog di Blogger yaitu http://astokeren.blogspot.com (dari subdomainnya aja sudah kelihatan alay gitu, pasti yang buat bocah hahahaha). Namun ada banyak kendala dalam mengelola blog di Blogger, seperti HP yang tidak mendukung, jaringan yang termasuk masih lemot (GPRS) dan laptop admin saat itu masuk rumah sakit alias counter PC.

Karena kendala tersebut admin lalu ngeblog di MyWapBlog yang menurut admin sendiri sangat mudah untuk mengelola blog di sana. Dari sinilah sudah ada perkembangan yang signifikan seperti sudah bisa membuat artikel yang rapi, dan bahkan sudah bisa memberikan tuorial sederhana seperti membuat tabel dengan html, efek stabilo, teks berwarna dan membuat link dengan berbagai metode dan alternatif. Bukan hanya sibuk mengelola blog, admin juga sudah mampu membuat wapmaster di xtgem dan puji syukur wap tersebut masih eksis heheh. Setahun lebih ngeblog di MyWapBlog baru bisa merasakan meriahnya kontes dalam merayakan hari jadi MyWapBlog. Sukacita para user bertebaran di mana-mana, walaupun saat itu admin kalah dalam kontes tapi yah syukuri apa adanya karena admin masih bisa masuk 22 besar konter menulis cerpen. Tapi kebahagiaan itu tiba-tiba pudar bagaikan bulu kucing yang diterbangkan angin hilang entah kemana. Sebuah pemberitahuan dari Arvind Gupta sang pemilik builder membuat seluruh jagad MyWapBlog merasa kecewa, sedih (termasuk gw), dan tak jarang ada marah yang kemarahan tersebut dilampiaskan ke Arvind Gupta. Semua user mengalami kebingungan, "di mana lagi kita akan ngeblog?". Ada yang pindah ke Blogger, Wordpress, Wapka, XTgem dan WapBlogID.

Admin sendiri saat itu pindah ke XTgem aja karena sudah ada wap di sana yang dibuat. Semua user yang dulunya bersatu kini berserakan di mana-mana. Suasana itulah yang dimanfaatkan oleh orang lain untuk membuat builder yang mirip dengan MyWapBlog yang bisa diakses lewat HP. Nah muncullah builder-builder baru seperti Mblog (Wikiserp), Faceblog, NextWapBlog, dan BlogPonsel. Kesemua builder tersebut pernah admin pakai untuk membuat blog namun hanya satu yang pantas yaitu BlogPonsel.

Di BlogPonsel, admin bertemu beberapa mantan user MyWapBlog yang sebagian dari mereka adalah teman lama. Di BlogPonsel inilah admin mulai membuat artikel original dan lebih serius dalam mengelola blog. Sewaktu ngeblog di BlogPonsel banyak juga hal-hal yang menarik terjadi bagi admin. Yang pertama membuat wapsite di Wapact. Di Wapact admin berhasil membuat wap yang unik dimana templatenya cuma ada satu di dunia. Kontennya ialah download game, video, musik mp3 (sistem grab), forum, blog, penyimpanan online dan sistem usering. Konten tersebut di satu padukan dalam satu wapsite yang dibuat dalam kurun waktu 1 bulan untuk bisa selesai dengan sempurna, wow lama ya. Total halaman yang dibuat kira-kira 200-an lebih yang kesemuanya didominasi oleh sistem grab dan sistem usering. Tapi Wapact ini akhirnya tutup usia juga dengan masalah server yang berat karena melebihi kapasitas bandwith (user Wapact saat itu ada ribuan kebanyakan dari Bangladesh dan India). Untung saja admin backup sebagian script dari wapsite yang sudah dibuat dengan susah payah itu.

Di masa itu banyak builder yang jatuh bangun gaess, baik itu wap builder maupun blog builder. Selanjutnya muncul lagi wapbuilder baru yakni Wapish. Sambil ngeblog di BlogPonsel, admin juga mengelola wapsite di Wapish yang tidak kalah keren dengan wap yang ada di Wapact dulu. Semua komponen wapnya persis sekali, itu karena admin hafal benar bagaimana susunannya. Nah di Wapish ini admin lagi-lagi mencapai kesuksesan kecil seperti yang dialami di Wapact dulu. Admin mendapatkan visitor 1200-2000 setiap harinya dan kebanyakan IP dari India. Untuk masalah pulsa tidak perlu khawatir. Karena akan cair sebanyak 20.000 per minggu. Tapi ya kampret juga sih, yang lebih laku itu download musik mp3 dengan video yang merupakan sistem hasil curi file alias grab. Admin tidak perlu capek-capek upload, karena semuanya otomatis. Game, video, dan musik semuanya terunggah secara otomatis. Sama seperti kembarannya, Wapish juga tutup dan berubah jadi situs download musik dan video kwkwkwk. Penutupan wapish benar-benar membuat admin frustasi karena 80% penghasilan admin dari wap tersebut. Juga adloft situs periklanan tempat admin menyimpan uang tutup juga. Semuanya sudah hilang, terhapuskan dari muka alam semesta :v jadinya sudah tidak berpenghasilan lagi sampai detik ini.

Hampir 2 tahun ngeblog di BlogPonsel, admin juga harus mengungsi karena apa? Karena BlogPonsel juga mau tutup karena memiliki penghasilan yang tidak sebanding dengan biaya server. Ini terjadi karena banyak user yang curang dalam ngeblog padahal mereka sudah diberi layanan gratis dari builder. Namanya juga user yang selalu kontra dengan kebijakan iklan di BlogPonsel pasti ulahnya membuat orang lain rugi. Kini admin pindah ke BlogNive, sebenarnya admin sudah lama membuat blog di BlogNive tapi karena terjadi penutupan sementara jadi admin kembali lagi ke BlogPonsel sampai BlogPonsel tutup. Di BlogNive admin juga senang, ownernya ramah dan cepat merespon jika adal masalah. Karena BlogNive juga buatan anak bangsa Indonesia, pasti cepat atau lambat akan tutup juga karena ekonomi di Indonesia sendiri tidaklah stabil. Rupiah melemah. Mungkin ada yang tanya apa hubungannya ekonomi dengan tutupnya builder? Jelas ada hubungannya. Setiap builder pasti menyewa yang namanya hosting (hosting bisa kita ibaratkan sebagai tanah yang akan disewa). Penyedia hosting kebanyakan adalah dari luar negeri yang memakai sistem US Dollar bukan Rupiah. Jadi bagaimana jika Rupiah melemah dan penghasilan tetap-tetap saja atau bahkan turun? Ya jelas merugi lah. Untuk itulah admin blog di Blogger ini, karena di Blogger untuk mengedit template dan membuat artikel sudah menjadi sangat mudah, apalagi sekarang pakai android.

Okey, itu sudah pengalaman admin dalam ngeblog dari awal hingga saat ini. Semoga menginspirasi. Salam Blogger.
Related Posts
John Asto
Hanya orang biasa yang ingin eksis di dumay. Sering online di Quora dan Pinterest. Jangan pernah menghubunginya lewat WhatsApp jika hari libur.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar