bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Budayakan Untuk Malu Ketika Copas Artikel Orang Lain | Realitas Blogging


Akhir-akhir ini admin sepertinya sering membahas yang namanya "COPAS". Memang tiada habisnya kita membahas yang namanya copas karena di dalamnya banyak masalah-masalah yang harus diperhatikan. Dari cuma satu kata saja, admin sudah bisa membuat beberapa artikel yang menyangkut masalah tentang copas. Ini nih yang membuat admin heran, kenapa sih masih banyak orang yang copas artikel orang lain? Padahal dengan satu kata kunci saja kita bisa membuat 3-5 artikel tentang kata itu! Nah ini ada pengecualian juga ya, untuk yang baru ngeblog sekitar seminggu itu sedikit wajar dalam mengcopy paste artikel orang lain karena belum memiliki pengalaman yang cukup. Dan jika sudah dua minggu awal ngeblog, itu sangat-sangat diharuskan untuk bisa membuat artikel original.

Untuk awal membuat artikel original, kalian cukup membuat tutorial blogging dengan kata-kata kalian sendiri. Itu terus berlanjut sampai pada tingkat atas dengan membuat artikel tentang info unik dan tips. Berdasarkan judul, mengapa sih orang-orang merasa tidak malu untuk mengcopy paste artikel orang lain? Biasanya tipe orang yang seperti ini tidaklah punya etika. Copas sangat identik dengan kata mencuri yaitu tindakan yang dilarang oleh norma dan agama. Kenapa orang harus mencuri? Seseorang harus mencuri ketika orang itu tidak punya apa-apa dan memiliki niat buruk. Walaupun tidak punya apa-apa kalau niatnya masih baik, orang itu tidak akan mencuri. Begitu juga untuk copaser (pencuri artikel), mengcopy paste artikel orang lain ketika dia sudah tidak punya ide menulis lagi atau bahkan mereka sama sekali tidak punya skill menulis. Kenapa tidak punya skill menulis? Ini tergantung dari guru Bahasa Indonesia yang mengajarinya. Di sekolah kita telah diajarkan untuk menulis cerpen, pidato, makalah, karya ilmiah, puisi, pengalaman, dan menulis konteks drama. Masa anak sekolahan tidak punya skill menulis? Lucu ya? 😂

Berdasarkan informasi yang admin dapatkan, Indonesia merupakan negara yang paling banyak didapati yang namanya plagiarisme. Tahu plagiat? Moba kok plagiat? Nah pasti sudah tahu semua kan apa itu plagiarisme? Tak perlu dijelaskan karena masalah ini tak pernah selesai dalam beberapa tahun ini. Mirisnya orang-orang Indonesia merasa tidak malu 😂. Wajarlah koruptor aja kalau di depan kamera malah senyum-senyum dan melambaikan tangannya 😑. Begitu juga para copaser, malah dengan bangganya mereka memamerkan postingan mereka yang sebenarnya adalah hasil copas atau curian. Dan niche blog yang paling banyak melanggar ialah blog download. Sebenarnya kita bisa membuat blog download menjadi terkesan tidak copas dengan cara memposting hasil karya sendiri baik itu lagu yang diciptakan sendiri, anime hasil karya sendiri dan lain-lain. Admin pernah nih mendapatkan sebuah blog yang isinya ternyata video animasi karya dari pemilik blog tersebut. Tapi blognya bukan blog dari Indonesia melainkan dari Amerika Serikat.

Untuk blog download setidaknya harus-harus sangat bisa membuat postingan yang original. Lihat saja di blog admin ini. Semua film yang akan di download setidaknya punya review yang panjang lebar menjelaskan jalan cerita dari film tersebut. Admin membuatnya berdasarkan pandangan admin saat menonton filmnya. Mungkin ada yang bilang susah ada juga yang bilang mudah. Itu tergantung dari kualitas akal pikiran kamu. Jago koding belum tentu jago dalam membuat artikel original walaupun kebanyakan jago nulis sih. Sekali lagi untuk yang mempunyai blog download, kalian juga harus jaga-jaga karena dibalik sana ada sekelompok orang yang secara diam-diam melaporkan blog kalian ke Google dan salah satu dari mereka ialah admin sendiri. Sekali lagi hati-hati ya bagi yang punya blog copas. Admin juga pernah mencoba report blog ini sendiri tapi hasilnya tidak dihapus karena blog ini berisikan artikel original.

Berdasarkan artikel yang admin pernah baca di blognya Mas Sugeng, blogger yang copas itu adalah seseorang yang EGOIS. Hanya memikirkan kepuasan diri sendiri. Kalau main di Mobile Legend ini adalah teman setim yang banyak bacot, tidak kompak dan nub tingkat dewa. Apa kalian blogger yang copas tidak malu dengan tindakan yang kalian lakukan? Kepribadian seseorang itu berbeda-beda ada yang melakukan kesalahan besar tapi tidak malu dan ada juga walaupun melakukan kesalahan sekecil apapun akan sangat merasa malu. Nah yang mana tipemu? Admin sendiri merupakan orang yang sedikit pemalu. Apalagi melakukan yang namanya copas itu sangat berpengaruh bagi harga diri seorang blogger. Hanya sebagian kecil saja blogger yang sangat kontra dengan copas. Mereka itu biasanya adalah orang-orang yang menjadi korban pencurian artikel. Itu untuk blog artikel kalau blog download beda lagi. Semua owner blog download sangat kompak untuk saling copas artikel karena menurut mereka copas merupakan adat dan budaya mereka 😂 jadi bagi owner blog artikel jangan heran ya.

Pernah sekolah? ya pasti pernah lah. Kita cari pendekatan saja dengan mengerjakan tugas sekolah. Di sekolah ada dua tipe siswa, satu bodoh dan satunya lagi pintar. Nah siswa yang bodoh ini biasanya menyalin hasil pekerjaan siswa yang pintar tadi. Setelah dilihat-lihat oleh guru ada dua siswa yang pekerjaannya sama. Karena siswa yang bodoh itu memiliki urutan absen sebelum siswa yang pintar tadi, guru memutuskan bahwa pekerjaan yang asli adalah milik siswa yang bodoh itu. Yang korban adalah siswa yang pintar. Semua siswa tahu itu bukan pekerjaan siswa bodoh tadi. Akhirnya mereka semua menuntut keadilan, dan pekerjaan siswa pintar lah yang diakui. Siswa yang bodoh pun merasa sangat malu akibat mencontek pekerjaan orang lain. Begitu juga dengan dunia blogging, yang copas malah page one Google dan yang asli malah urutan bawah. Karena berada di posisi atas dan sering disoroti itu akan membuat Google lebih mudah menentukan mana yang asli mana yang hasil copas. Caranya bagaimana? Lihat kapan postingan tersebut dibuat. Yang lebih awal akan dianggap yang asli dan lainnya akan dianggap sebagai hasil copy paste. Ingat, orang yang tidak tahu malu adalah orang yang tidak punya etika dan orang yang tidak punya etika adalah orang gila dan orang gila adalah orang yang memiliki kehidupan tak menentu. Jadi jika kamu copas dan tidak merasa malu FIX, kamu itu orang gila. Kalian harus malu karena itu adalah dosa.

Pesan dari admin, hindarilah untuk melakukan copas jangan biarkan si setan merayumu. Jika membuat postingan usahakan untuk mengemukakan pendapatmu sendiri berdasarkan pengalaman yang telah kamu dapatkan. Kalau perlu kamu memiliki kebencian terhadap sesuatu yang buruk dan mengemukakan bahwa hal tersebut harus dibuang.

Sekian dari admin untuk hari ini. Semoga bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya.
Related Posts
Initials JST
Lebih sering online di Quora dan Pinterest dari pada media sosial lain. Penikmat konten kerajinan tradisional dari channel 李子柒 Liziqi di YouTube.

Related Posts

1 komentar

  1. Artikel gw selalu di copas, lebih tepatnya di AGC. Selalu aja ada yg nge agc, sekali agc 100 artikel lebih yg kena. Nasib lah alhasil aq matiin feed blog drpada kena deindex google jadi korban agc.

    BalasHapus
Kebijakan berkomentar:
1. Meninggalkan komentar sebagai anonim tidak dibolehkan di blog ini.
2. Dilarang memasang link aktif dalam komentar.
3. Berkomentar sesuai topik.

Be nice and be respectful.