bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Alasan Mengapa Dollar Amerika Serikat Dijadikan Mata Uang Internasional


Pasti ada yang bertanya "Mengapa ya, US Dollar dijadikan satuan mata uang internasional? Kenapa bukan rupiah saja atau mata uang yang lain? Nah di sini admin akan mejelaskan mengapa hal tersebut bisa berlaku/terjadi. Kejadian yang masih terjadi hingga saat ini tidak terlepas dari sejarah. Bagi yang sekolah pasti sudah pernah mempelajari yang namanya "Sejarah" karena mata pelajaran sejarah merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib dipelajari oleh siswa sesuai dengan kurikulum yang ada.

Sudah tahu semua kan kalau setelah perang dunia 2 (PD2) berakhir/usai banyak negara yang kondisi ekonominya terpuruk karena kerugian akibat perang yang berkepanjangan terutama untuk negara-negara yang ada di benua Eropa. Secara kasar kita bisa menganggap negara Eropa pada waktu itu jatuh miskin dan tidak berdaya lagi untuk bisa membangun kembali negaranya yang hancur akibat perang. Dalam kondisi seperti itu, muncullah sang penyelamat. Penyelamat itu adalah sebuah negara yang dulunya mereka (Bangsa Eropa) jajah. Yap, negara itu adalah Amerika Serikat.

Amerika Serikat dengan senang hati memberikan bantuan dana dalam bentuk pinjaman demi kemanusiaan. Amerika Serikat pada saat itu dalam kondisi makmur dan sistem ekonominya benar-benar stabil (pasar bebas). Tahukah anda? Pinjaman tersebut ternyata dalam bentuk dolar. Dan sebagai jaminannya, mau tidak mau mereka harus memberikan emas kepada Amerika Serikat. Disinilah terjadi monopoli, yang menyebabkan Amerika Serikat hampir menguasai seluruh emas yang ada di dunia ini. Dan akhirnya dolar dianggap sebagai satu-satunya mata uang yang bisa dipercaya saat itu karena dolar sama berharganya dengan emas.

Seiring berjalannya waktu, Amerika Serikat mencetak uang sebanyak-banyaknya dan mendistribusikannya ke seluruh dunia. Karena keasikan mencetak uang dalam jumlah besar, mereka tidak menyadari bahwa jumlah uang yang mereka cetak melebihi simpanan emas yang mereka punya. Karena kejadian tersebut akhirnya US Dollar pengelompokannya dilepas dari nilai tukar emas. Inilah yang disebut oleh anak ekonomi sebagai Fiat Money dimana uang yang dicetak tidak memerlukan penjaminan lagi.

Karena giat dalam melayani berbagai negara yang ada di dunia, ekonomi Amerika Serikat pun meningkat tajam dan dolar juga ikut menguat karenanya. Negara-negara yang dulunya meminjam uang dari Amerika Serikat kini bisa membangun negaranya kembali dan mencetak mata uang versi mereka sendiri bahkan mereka adalah negara maju yang ada saat ini. Disamping itu juga mereka masih sangat percaya dengan US Dollar dan hampir semua cadangan devisa tiap negara disimpan dalam bentuk dolar. Mulai saat itulah dolar dijadikan mata uang internasional.

Itu sudah penjelasannya mengapa US Dollar bisa dijadikan sebagai mata uang internasional. Amerika serikat sendiri memang sudah lama merdeka tepatnya pada tahun 1776 dimana pada saat itu Indonesia masih dijajah Belanda karena rasa nasionalisme yang kurang sehingga lambat merdeka 😂. Tapi itu tidak masalah yang penting dunia sudah aman dan bebas dari perang. Oke, sampai di sini admin menemani keseharian kalian, semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.
Related Posts
Initials JST
Lebih sering online di Quora dan Pinterest dari pada media sosial lain. Penikmat konten kerajinan tradisional dari channel 李子柒 Liziqi di YouTube.

Related Posts

Posting Komentar