bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Kenali Ciri - Ciri Web Pishing Agar Terhindar Dari Pencurian Akun

Siapa nih yang akunnya pernah dicuri atau dibajak? Mungkin kalian belum tahu apa itu web pishing jadi akun kalian dibajak karena telah memasukkan data-data privat ke website tersebut. Web pishing ada dengan tujuan untuk mencuri data-data pribadi seseorang dan menggunakannya dengan cara yang salah dan itu sangatlah berbahaya. Akun kalian disalahgunakan oleh orang lain sehingga kalian kena pidana. Untuk sebuah akun game, kalian akan dirugikan. Capek-capek main sampai level tinggi dan akhirnya akun kalian dicuri, rugi materi dan waktu. Untuk itulah kenali lebih dekat ciri-ciri web pishing agar kalian tidak kena tipu.

Orang-orang membuat web pishing karena mereka melakukannya untuk membajak akun-akun di website yang memiliki tingkat keamanan tinggi seperti Facebook, Twitter, Google dan situs game seperti Point Blank, Clash of Clans, Clash Royale, Mobile Legends dan lain-lain. Situs-situs tersebut sangatlah sulit untuk diretas untuk itulah mereka membuat web pishing dan menarik perhatian user dari situs tersebut untuk memakainya. Menariknya, jenis-jenis dari web pishing ini banyak lho. Ada yang menawarkan bomlike, dapat follower yang banyak, dapat skin gratis, hero gratis, gems gratis, kristal gratis, pulsa gratis dan masih banyak lagi.
Akhir-akhir ini banyak web pishing Mobile Legends bertebaran di media sosial khususnya Facebook. Mereka menawarkan banyak hal yang sifatnya gratis namun sebenarnya itu tidaklah gratis di versi asli dari game. Sudah banyak web pishing yang gw usilin dengan mengisi form yang asal-asalan seperti screenshot di bawah ini.
Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri dari web pishing secara umum.

1. Memiliki domain gratisan dan tidak memiliki pengaman (secure).

Artinya web pishing tidak meiliki domain yang berbayar (resmi) seperti .com, .net, .org, .id dan lain-lain. Biasanya domain yang mereka miliki adalah domain bawaan dari hostingnya seperti hol.es dan domain gratisan seperti .tk, .ml, .ga, .gq, .usa.cc, dan lain-lain. Nah satu lagi, semua web pishing itu tidak punya pengaman pada alamatnya. Web yang tidak punya pengaman biasanya url dimulai dengan http:// dan untuk web yang punya pengaman url-nya dimulai dengan https://. Pasti ada yang tanya mengapa bisa begitu? itu karena yang buat web pishingnya GAK MODAL 😂.

2. Kita disuruh (dipaksa) untuk memasukkan data rahasia kita.

Inilah struktur/bagian terpenting dari web pishing karena tanpa ini web pishing tidak berguna. Biasanya terdapat form dimana kita disuruh untuk mengisinya dengan username/e-mail dan password.

3. Hal-hal yang ditawarkan serba mudah dan gratis.

Mana ada yang mau ngasih sesuatu kepada orang yang mereka tidak kenal apalagi mereka memberinya secara gratis. Seseorang baru diberikan hadiah jika mereka sudah berusaha dan tentunya sudah ada negoisasi atau sudah kenal satu sama lain.

Nah saran admin, jika kalian mendapatkan situs pishing segeralah berbuat jahil kepada situs tersebut sepuas kalian seperti yang admin lakukan. Ini supaya mereka kapok. Dan jangan lupa report situsnya di sini (Google SafeBrowsing).

Sekian informasi dari admin semoga bermanfaat.
Related Posts
Initials JST
Hanya orang biasa yang ingin eksis di dumay. Sering online di Quora dan Pinterest. Jangan pernah menghubunginya lewat WhatsApp jika hari libur.

Related Posts

Posting Komentar