bQsqpPcZvKyg8Vvzo6jobl9lgcVr4zroDMLffJhS

Perlu Diketahui! Langkah-Langkah Dalam Melaporkan Blog Hoax

Report Blog Hoax Di Blogspot
Tahupost.Net - Hoax adalah istilah yang sudah tak asing lagi di telinga masyarakat masa kini. Hoax (ID: hoaks/berita bohong) adalah informasi yang tidak benar dan hanya dibuat seolah-olah itu benar adanya. Juga sebagai informasi yang sengaja disesatkan, tapi dijual sebagai kebenaran.[1]

Sebagai pembaca yang budiman, seharusnya kita tahu apa yang sedang dibaca sekarang ini? Siapa penulisnya? Dan apakah sumbernya sudah jelas? Maka dari itu sangat perlu ditingkatkannya budaya literasi yang akan membantu membedakan mana informasi fact dan yang mana fake.

Sebelum mengkonsumsi berita yang ada di luar sana, alangkah baiknya jika anda mengetahui beberapa ciri-ciri umum blog yang kontennya berisikan berita bohong atau hoaks.


1. Penulis dan admin yang tidak jelas

Hampir semua blog hoaks tidak menampilkan secara rinci identitas dari penulis dan pemilik blog tersebut. Tidak mungkin dengan sendirinya blog itu bisa ada tanpa seseorang yang mengelolanya. Jika demikian, dipastikan itu adalah blog hoaks.

Alasan menyembunyikan identitasnya karena artikel yang mereka sajikan di blog tersebut sangatlah berbahaya dan menyesatkan. Bagaimana jika kita ingin bertanya lalu tidak ada halaman kontak dan tentang kami? Blog tanpa identitas penulis patut dicurigai.

2. Domainnya aneh-aneh dan gratisan

Masih menjadi misteri mengapa para pembuat hoaks menggunakan nama domain yang aneh pada blognya tersebut. Tetapi selama ini blog hoaks yang mimin temukan memiliki domain yang aneh bahkan ada yang lucu. Berikut adalah beberapa domain blog hoaks yabg pernah mimin temukan. (Sebagian ada yang sudah dihapus karena dilaporkan).
  1. mozilafair.blogspot.com
  2. moziladiary.blogspot.com
  3. tribuninf0.blogspot.com
  4. mari-sebarkan.blogspot.com
  5. acktuall.blogspot.com
  6. merdekaind.blogspot.com
  7. welcomehowto2.blogspot.com
  8. emputnews.blogspot.com
Itu beberapa domain blog hoaks yang pernah mimin temukan di Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax. Semuanya memakai domain bawaan platform Blogger yakni blogspot.com. Ini sudah jelas merusak citra domain bawaan Blogger dimata masyarakat.

3. Template yang terlalu mainstream dan biasa saja

Kebanyakan para pembuat hoax tidak mementingkan tampilan blognya. Mereka lebih mengutamakan uang, artikel hoaksnya, dan tentunya menyebarkan artikel pabrikan mereka yang menyesatkan. Contohnya merdekaind.blogspot.com, tampilan biasa saja dan dipenuhi oleh informasi-informasi palsu.

4. Terkadang tidak menyediakan kolom komentar

Sehubungan dengan blog yang ada di poin sebelumnya, apakah anda menemukan kolom komentar? Kebanyakan blog-blog pabrik hoaks tidak menyediakan kolom komentar. Ini dimaksudkan agar pengunjung tidak bertanya sejauh mungkin mengenai berita bohong tersebut.

Inilah 6 Berita Hoax Yang Pernah Booming Di Jagad Maya Indonesia
Nah, jika anda melihat blog karakteristik hampir seperti di atas silahkan laporkan ke pihak Google jika blog tersebut hosting di Blogger (Blogspot). Jika bukan, silahkan melakukan pengaduan konten ke Kominfo.

Lapor ke pihak Google

Untuk yang Blogger (Blogspot) silahkan ikuti beberapa tahap demi tahap di bawah ini.

Pertama, anda buka terlebih dahulu halaman Melaporkan konten yang tidak pantas - Bantuan Blogger. Gulir ke bawah sampai anda menemukan "Konten yang mengandung ujaran kebencian, kekerasan, atau tidak sopan" silahkan klik dan akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. Sudah itu klik lagi yang dilingkari warna merah sesuai pada gambar.
Report Blog Hoax Di Blogspot
Setelah mengklik link tersebut anda akan dibawa lagi ke halaman lain. Gulir kebawah dan isi form dengan URL blog yang ingin anda laporkan kemudian klik tombil "Kirim".
Report Blog Hoax Di Blogspot
Butuh beberapa hari agar pihak Google bisa merespon. Jika berhasil dipastikan blog tersebut akan hangus.

Lapor via Kemkominfo

Apabila anda menemukan blog hoaks yang bukan blog dari Blogger (Blogspot), mimin sarankan untuk melaporkannya ke Kominfo lewat halaman Aduan Konten atau kirim e-mail ke aduankonten@mail.kominfo.go.id. [2]
Related Posts
John Asto
Hanya orang biasa yang ingin eksis di dumay. Sering online di Quora dan Pinterest. Jangan pernah menghubunginya lewat WhatsApp jika hari libur.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

2 komentar

Posting Komentar

Dilarang spam dan menyisipkan link aktif pada komentar. Use your brain!